wanda

Cara Putar Balik Yang Aman. Gak Boleh Ngawur Loh Ya!

Publikasi: 6 bulan 15 hari 7 jam 10 menit yang lalu

U turn atau tempat untuk putar balik adalah salah satu tempat sering terjadinya kecelakaan. Baik untuk kendaraan roda dua maupun mobil, tempat untuk putar balik ini harusnya mendapatkan perhatian khusus. Karena kadang hal – hal terduga di tempat ini bisa saja terjadi.

Hal ini diperparah dengan adanya pengendara kendaraan bermotor yang dengan asik putar balik di tempat yang salah. Putar balik di tempat yang tidak diperbolehkan misalnya. Yang seperti ini nih yang bakal nambah potensi terjadinya kecelakaan di jalan raya. Kadang kita udah ati – ati, eh nih biang kerok datang memulai terjadinya kecelakaan. 

Nah, untuk menghindari itu semua, di bawah ini udah terangkum cara untuk melakukan putar balik yang baik dan benar. Paling tidak dengan mengikuti langkah – langkah yang diajarkan di bawah ini, Kamu akan 1 langkah lebih dekat dengan keselamatan. Yuk disimak!

1. Tentukan Lokasi untuk Putar Balik

Sebelum melakukan putar balik, pastikan Kamu tau di mana tempat putar balik yang bisa digunakan. Hal ini akan membuatmu lebih siap saat akan melakukan putar balik. Jadi dari jauhpun kamu udah bisa mencuri start untuk ngambil jalur kanan sebelum putar balik. 

Nah, yang agak susah kalau Kamu gak tau harus putar balik di mana. Salah satu cara dalam keadaan seperti ini adalah dengan mengambil jalur kanan dengan kecepatan yang sesuai sembari mencari tempat untuk putar balik. Atau, kamu bisa mengambil jalur kiri pelan – pelan sambil mencari rambu putar balik jauh di depanmu. Ketika ketemu, persiapkan motor dan ambil jalur kanan secara aman. 

2. Nyalakan Lampu Sign

Yang ini wajib dilakukan lho. Dimanapun kapanpun, jika motormu akan berganti arah maka lampu sign wajib untuk dinyalain. Banyak kecelakaan terjadi hanya karena lampu sign tidak dinyalakan saat akan berbelok. Padahal hanya dengan satu aktivitas jari aja, mereka bisa terhindar dari kecelakaan. 

3. Ambil Lajur Kanan

Tentunya sebelum melakukan putar balik, seorang pengendara motor maupun mobil wajib untuk mengambil lajur kanan. Tapi gak hanya itu, mengambil lajur kanan itu penuh resiko, karena lajur ini diperuntukkan bagi kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Sesuaikan kecepatan motormu dengan ritme kecepatan yang ada di jalan. Lalu cek kondisi di lajur tersebut. Jika memungkinkan, maka ambillah kesempatan untuk berpindah lajur. Tapi jika tidak, maka bersabarlah. Jangan memaksakan diri jika memang lajur kanan masih sangat ramai. Lebih baik memutar sedikit lebih jauh daripada mengambil resiko yang tinggi di lajur yang ramai bukan? 

4. Pastikan Boleh Putar Balik

Sesampainya di tempat putar balik, pastikan gak ada tanda larangan di situ. Jangan melakukan putar balik jika di sana terdapat larangan tersebut. Pasti ada alasan kenapa di situ tidak diperbolehkan untuk melakukan putar balik, dan pastinya alasan tersebut akan membuatmu aman dalam berkendara. Oleh karenanya, pastikan Kamu selalu menaati peraturan yang sudah tertulis dan dipampang rambu – rambunya di jalanan. Jangan seenaknya aja, Kita ini kan pengendara motor yang keren. 

5. Mengalah Untuk Menang

Hal terakhir yang bisa Kamu lakukan saat melakukan putar balik adalah mengalah. Lho? Kenapa kok mengalah? Ya kalau di jalur lawan masih ramai kendaraan pastinya si pengendara yang ingin putar balik harus mengalah. Setidaknya tunggu sampai jalanannya sedikit lebih longgar. Nah, saat itu baru deh gas motormu dan putar balik. 

6. Terima Kasih Ama yang Nyebrangin

Biasanya di setiap pertigaan atau tempat putar balik yang ramai terdapat beberapa orang SUPELTAS (Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas). Nah, biasanya mereka ini gak akan segan untuk bantuin Kamu putar balik. Sebagai ucapan terima kasih, sisihkan lah recehan bagi mereka yang udah berusaha meminimalkan kecelakaan di jalanan ini. Tanpa adanya mereka, pasti akan banyak keadaan lalu lintas yang gak diinginkan. 

Dengan adanya keenam poin di atas, harusnya Kamu udah paham ya dengan cara putar balik yang baik dan benar. Yang jelas saat di jalanan kepala harus tetap adem. Gak perduli seberapa panas cuaca yang ada, tetap jangan biarkan hal itu mempengaruhi ketenanganmu dalam berpikir. Selalu sigap di jalanan, dan yang penting jangan pernah berhenti untuk cari aman dimanapun Kamu berada. 


Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Wms Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More