4 Cara Mudah Merawat Electric Starter Agar Tidak Gampang Rewel

Publikasi: 3 bulan 16 hari 2 jam 10 menit yang lalu

Kalau melihat fungsinya electrik stater adalah piranti kendaraan yang banyak manfaatnya. Salah satunya adalah meringankan beban pengendara ketika menghidupkan tunggangan. Selain, itu juga tergolong praktis lantaran tidak perlu capek-capek gunakan kick stater. Masih terkait hal tersebut, lamanya pengunaan teknologi satu ini biasanya membuat electrik stater ngadat atau tidak berjalan sesuai fungsinya. 

Seperti ketika dipencet, motor tidak mau menyala atau berbunyi tapi kendaraan tidak hidup. Hal semacam itu tentu sangatlah tidak mengenakan. Apalagi kalau kejadiannya disaat kendaraan kita tiba-tiba mati di jalan yang ramai, atau kaki kita sedang tidak bersahabatan lakukan kick stater. Pastinya, menjadi sesuatu yang tidak mengenakan dan membuat kita ingin berkata-kata kasar. Nah, agar kondisi seperti tadi tidak kamu rasakan, perhatikan cara-cara merawat electric starter sebagai berikut.

Rutin melakukan pembersihan pada bagaian stater

Seperti menyimpan segudang hal positif, membersihkan bagian-bagian motor secara rutin bisa dikatakan merupakan hal yang banyak manfaatnya. Termasuk, merawat electric starter agar bisa berjalan sesuai fungsinya. Bagian daru piranti tersebut yang perlu untuk dibersihkan adalah konektor rangkaian motor starter. Selain itu, konektor pada tombol starter juga perlu diperhatikan kebersihaanya, agar tidak menghabat fungsi stater itu sendiri.

Perihal hal terakhir tersebut, cara pembersihan tergolong sangatlah mudah. Di mana kalian haya perlu buka terlebih dahulu dudukan tombol starter dengan menggunakan obeng plus, kemudian gosok dengan menggunakan amplas halus pada konektornya. Pada bagian tersebut biasanya akan muncul kerak akibat penggunaan. 

Jangan sampai telat melakukan service

Selain hal tadi, tips perawatann yang ampuh untuk mejaga fungsi electric starter tetap oke adalah dengan rutin melakukan service secara rutin. Mengapa demikian? Karena saat melakukan perawatan tersebut, oleh mekanis motor akan diperiksa seluruh bagiannya. Mulai dari kaki-kaki motor, rantai, mesin, sampai kelistrikan.

Nah, kalau sudah begitu masalah electric starter rewel bisa dipastikan tidak akan terjadi lagi. Selain hal tersebut, manfaat rutin service juga akan memiliki manfaat untuk kendaraan. Bahkan bisa membuatmu motor seperti halnya terasa baru terus. Tidak percaya kalian? Coba deh dalam beberapa bulan rajin lakukan hal tersebut. 

Sesekali menggunakan kick stater untuk hidupkan mesin

Cara ampuh lain yang juga bisa menjadi bentuk perawatan untuk electric starter motormu adalah dengan sesekali memanfaatkan kick stater. Namun, hal ini baru boleh dilakukan kalau fisik kalian kuat ya. Jangan sampai demi menjaga piranti ini tetap awet, kalian mengorban kaki yang sedang tidak sehat atau cedera.

Tujuan dari variasi tersebut adalah mengurangi intesitas electric starter, yang mana kita ketahui bisa rewel kalau digunakan keseringan. Hal ini lantaran membuat kelistrikan dan dynamo stater turun kuliatasnya lantaran terus dipacu untuk bekerja. Cara ini juga sangat bermanfaat untuk pertama kali menghidupkan motor yang perlu sumber tenaga besar. 

Jika motormu matic, Switch Tuas Rem juga perlu diperhatikan

Pada jenis motor matic untuk menyalakan mesin dengan menggunakan electric starter perlu menekan tuas rem. Hal ini dikarenakan adanya switch atau saklar pada tuas rem, nah apabila motor starter tidak bisa berputar saat tombol ditekan. Kondisi tersebut memiliki indikasi rusak. Apabila sudah begitu jalan satu-satu yaa wajib untuk diganti.

Kalau tidak mau diganti, kalian bisa mecoba mebetulkan dibengkel-bengkel. Atau melakukan perawatan secara rutin pada skuter maticmu.

Begitulah tadi beberapa cara muda bisa kalian lakukan untuk merawat electric starter. Meski tetap perlu tenaga dalam melakukannya, namun setidaknya tidak membuatmu merasakan sebuah nestapa dari rusaknya piranti kendaraan tersebut. 

Label : Perawatan Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More