Cara Tepat Matikan Kunci Motor Matic

Publikasi: 1 bulan 28 hari 21 jam 55 menit yang lalu

Motor Matic sudah  banyak yang dilengkapi sensor pada bagian standar samping. Banyak pengguna motor jenis ini punya kebiasaan mematikan mesin, hanya dengan mengaktifkan standar samping dan bukan menggunakan kunci kontak.

Amankah untuk kelangsungan hidup kendaraan tersebut? Ternyata jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus, bisa boros di aki. Karena cara tersebut tidak langsung membuat komponen yang butuh listrik dari aki lainnya ikut mati.

Di motor matic, banyak bagian yang butuh kelistrikan dan tidak otomatis langsung mati saat kita mengaktifkan standar samping Contohnya seperti headlamp dan spidometer. 

Jika  motor dimatikan bukan dengan cara menekan power off mesin,  dan hanya menggunakan standar samping,  bisa membuat daya pada aki cepat terkuras.

Pengisian arus pada aki bergantung pada putaran mesin motor. Saat mesin motor matic dalam kondisi mati akibat mengaktifkan standar samping bisa membuat pengisian arus ke aki jadi terhenti. sedangkan spidometer dan headlamp tetap butuh arus listrik dari aki.

Efek negatifnya  lama kelamaan akan membuat aki jadi lemah dan akhirnya soak. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya mematikan mesin motor matic dengan kunci kontak di putar ke posisi off. Bukan hanya mengaktifkan standar samping.

Untuk meminimalisir aki soak disarankan mematikan mesin motor matic melalui  kunci kontak

Dengan cara ini, seluruh komponen yang menyedot listrik akan ikut mati dan tidak membebani kinerja aki motor.

Selamat mencoba teknik sederhana dan terkesan sepele pada motormu, dan tetap hati-hati saat berkendara dijalan raya.

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More