Cara Tepat Melewati Polisi Tidur Dengan Motor Matic

Publikasi: 13 hari 5 jam 3 menit yang lalu

Berkendara menggunakan sepeda motor ternyata tidak boleh sembarangan. Terdapat beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan agar pengalaman berkendara pun bisa lebih terasa aman dan nyaman. Hal ini tak hanya berlaku bagi jenis motor tertentu. Baik motor matic ataupun motor kopling, keduanya memiliki tips berkendaranya sendiri yang bisa Anda coba.

Salah satunya adalah tips mengendarai kendaraan roda dua saat melewati polisi tidur. Banyak orang mungkin berpikir kalau polisi tidur bukanlah halangan yang berarti di jalan. Namun, tak sedikit orang yang sangat menghindari keberadaan polisi tidur ini, lantaran kurang ahli dalam mengendarai motornya.

Nah, bagi Anda pengendara motor yang mungkin kurang ahli dalam menguasai kondisi jalanan yang banyak terdapat polisi tidurnya. Terkhusus bagi para pemilik motor matic. Pada artikel berikut ini, kami akan memberikan sedikit tips mengenai cara tepat melewati polisi tidur dengan motor matic.

Cara Tepat Melewati Polisi Tidur dengan Motor Matic

1. Berkendaralah dengan kecepatan standar

Saat akan melewati jalanan yang mengandung polisi tidur. Pastikan bahwa diri Anda tetap tenang dan berkendaralah dengan kecepatan seperti biasanya. Jangan terlalu cepat juga jangan terlalu lambat.

Setelah hampir mencapai lokasi polisi tidur, perlahan mulailah tarik tuas rem namun jangan sampai membuat kendaraan Anda tersebut berhenti total. Tujuan dari melakukan pengereman beberapa meter sebelum melewati polisi tidur ini adalah mengurangi kecepatan berkendara secara berkala.

Selain itu, motor yang bergerak pelan ke arah polisi tidur juga tidak akan mengalami benturan keras saat melewatinya. Hal ini tentu akan sangat baik bagi kondisi komponen motor yang lain. 

Sebab, seringkali orang melewati polisi tidur tanpa mengurangi kecepatan berkendara mereka. Alhasil, benturan yang terjadi antara polisi tidur dengan ban motor pun akan sangat keras. Selain dapat menyebabkan kerusakan pada bagian suspensi juga dapat memicu efek domino pada komponen lain jika hal ini dilakukan terus menerus.

2. Semakin tinggi polisi tidur, semakin pelan kecepatan yang disarankan

Keberadaan polisi tidur kerap kali menyebabkan jatuhnya pengendara dengan kecepatan tinggi. Nah, jika Anda sudah mengetahui di depan mata terdapat polisi tidur yang cukup tinggi. Maka kurangilah kecepatan berkendara Anda sejak awal.

Nah, setelah ban depan motor berhasil melewati polisi tidur tersebut. Barulah Anda bisa menarik gas kembali seperti semula. Hal ini perlu dilakukan agar motor tidak berhenti total setelah berhasil melewati polisi tidur.

3. Carilah titik yang rata, jika menemukan polisi tidur kecil dan berjajar

Anda pasti sering menemukan polisi tidur yang berjajar 2-3 buah. Nah, jika melewati jalanan dengan polisi tidur seperti ini. Pastikan Anda mencari titik polisi tidur yang memiliki tinggi sama rata. Dari jauh, Anda bisa melihatnya dan memperkirakan titik mana yang bisa dilewati dengan mudah.

Kondisi polisi tidur yang tidak rata atau tinggi sebelah, tentu akan sangat menyulitkan pengendara saat melewatinya. Selain itu juga dapat menyebabkan terjadinya benturan yang tidak diinginkan.

4. Tetap tenang saat melewati polisi tidur yang tak terlihat

Nah, jika Anda berkendara di jalanan yang gelap dan tidak sadar melewati jalanan berpolisi tidur, sehingga belum sempat menurunkan kecepatan. Tak perlu khawatir, yang perlu Anda lakukan adalah mengontrol diri Anda agar tetap tenang dan memegang kendali stang motor sepenuhnya agar tidak jatuh.

Demikianlah tips mengenai cara tepat melewati polisi tidur dengan motor matic. Pada dasarnya, cara-cara di atas cukup mudah Anda lakukan. Yang terpenting jangan sampai Anda berkendara dengan kecepatan tinggi saat sudah mengetahui bahwa di depan terdapat polisi tidur yang cukup tinggi. Selain akan menyebabkan suspensi rusak juga dapat membuat Anda jatuh terpental dari motor. Maka dari itu, berhati-hatilah dan tetap prioritaskan keselamatan!

Label : Cari Aman Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More