Penting! Ini Teknik Menyalip Kendaraan Lain Di Jalan Raya

Publikasi: 3 tahun 7 bulan 11 hari 17 jam 42 menit yang lalu

Menyalip kendaraan lain saat berkendara di jalan raya merupakan hal sudah biasa dilakukan. Sayangnya, beberapa orang seringkali tidak melakukan pertimbangan saat akan mendahului kendaraan tertentu. Akibatnya, hal ini pun dapat membahayakan keselamatan mereka sendiri.

Nah, bagi Anda yang sering berkendara di jalan raya dan kerap menyalip pengendara lain. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah teknik menyalip kendaraan lain. Kira-kira apa saja tekniknya? Simak artikelnya berikut ini, ya.

Teknik Menyalip Kendaraan Lain di Jalan Raya

1. Hindari menyalip kendaraan dari sebelah kiri

Teknik pertama yang harus Anda pahami adalah jangan sekali-kali menyalip kendaraan lain dari sisi kiri. Karena biasanya, jalur kiri diperuntukkan bagi mereka yang berkendara dengan kecepatan lambat. 

Selain itu, sisi kiri juga identik dengan blind spot atau area yang tak terjangkau oleh penglihatan pengemudi. Sehingga tak heran, seringkali laka lantas terjadi karena seseorang yang menyalip atau mendahului kendaraan lain dari jalur kiri.

2. Menekan klakson saat akan menyalip kendaraan lain

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan fitur pada motor seperti klakson untuk memberitahu pengendara lain bahwa Anda akan mendahuluinya. Beberapa pengendara biasanya akan peka mengenai hal-hal seperti ini. Namun, ada juga yang tak tahu menahu sama sekali.

Jadi, Anda juga harus memastikan bahwa kendaraan tersebut agak menepi sesaat setelah Anda menekan tombol klakson. Dengan demikian, jalur depan terbuka sedikit lebih luas untuk Anda mendahuluinya.

3. Pertahankan posisi kendaraan

Saat akan menyalip, kendaraan Anda tentu harus memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Nah, untuk itu Anda harus bisa mempertahankan posisi kendaraan sekaligus menjaga kestabilan saat berkendara dengan kecepatan tinggi tersebut. 

4. Perhatikan kondisi jalanan di depan

Jika Anda menggunakan motor dan akan menyalip sebuah mobil atau truk. Pastikan Anda sudah memperhatikan bagaimana kondisi jalanan di depan truk atau mobil tersebut. Apakah padat atau cukup luang untuk Anda mengambil alih posisi berada di depannya.

Memperhatikan kondisi seperti ini penting untuk dilakukan agar tidak mengakibatkan hal-hal di luar dugaan. Karena seperti yang kita tahu, pengendara mobil dan truk memiliki blind spot pada titik-titik tertentu. So, selain memperhatikan kondisi jalanan di depan, Anda juga harus tetap menjaga jarak agar tidak terserempet.

5. Perkirakan waktu yang tepat

Saat akan menyalip Anda juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukannya. Jangan sampai salah perhitungan karena dapat menyebabkan kejadian fatal. Tak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan lampu belakang kendaraan tersebut.

Jika lampu sein bagian kanan menyala, maka urungkan dulu niat Anda untuk menyalip kendaraan tersebut. Tunggu ia berbelok dan Anda bisa melanjutkan perjalanan. Begitu pun jika lampu sein kirinya yang menyala, maka Anda hanya perlu menunggu ia menepi kemudian barulah Anda bisa menyalipnya.

Itulah tadi beberapa teknik menyalip kendaraan saat di jalan raya. Dengan memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan di atas, harapannya Anda bisa berkendara dengan aman dan selamat hingga sampai ke tujuan. 

Cari Aman Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Berita Terkait