Cari Aman Dari Pencurian, Ini Cara Supaya Motormu Aman Dari Curanmor

Publikasi: 3 bulan 14 hari 1 jam 8 menit yang lalu

Dampak buruk dari banyaknya kendaraan roda dua adalah semakin tingginya potensi kriminalitas dalam bentuk curanmor. Gak bisa dipungkiri, setiap bulannya pasti ada kejadian curanmor yang terjadi di setiap kota. Terlebih di ibukota, kerasnya kehidupan metropolitan menambah tingginya angka pencurian kendaraan bermotor. 

Oleh karenanya, pengendara motor wajib memastikan agar kendaraannya selalu dalam kondisi yang aman. Hanya saja memang banyak yang belum tau bagaimana cara mengamankan kendaraan agar tidak jadi korban curanmor. Kebetulan di bawah ini ada beberapa tips untuk Kamu nih bro. Yuk disimak bareng – bareng supaya motormu aman dari curanmor.

1. Parkir di Tempat Resmi

Salah satu cara untuk mencegah adanya curanmor adalah memarkir motor di tempat parkir yang resmi. Kemungkinan maling motor untuk masuk ke area parkir resmi ini sangat minim. Jikapun ada, biasanya terjadi karena kelalaian si pemilik motor. Kunci masih nyangkut lah, karcis jatuh dan lain sebagainya. Jadi tinggal Kamu sebagai pemilik motor harus lebih teliti nih kalau udah parkir di tempat yang aman. 

2. Parkir di Tengah Tengah

Jikapun ada tempat parkir yang ga resmi – resmi banget, pastikan motormu berada di antara kedua motor lainnya. Karena biasanya maling motor tuh cari motor yang tempatnya nyempil sendirian. Jadi peluang untuk motor aman dari curanmor akan bertambah ketika Kamu parkir bareng – bareng motor yang lain. Apalagi kalau ada di tengah -  tengah. 

3. Perhatikan Jangkauan CCTV

Keberadaan CCTV di jaman ini sudah sangat lumrah. Hampir di setiap parkiran resmi selalu terdapat CCTV. Parkirlah motormu di area yang terlihat oleh CCTV. Jikapun suatu saat ada kejadian yang tidak menyenangkan, Kamu bisa dengan mudah untuk melihat footage dan menemukan siapa pelaku curanmor ini. 

4. Pastikan Udah terkunci  ganda

Bagaimanapun, motor yang terkunci ganda akan membuat si maling malas untuk menarget motormu. Toh yang namanya maling pasti akan mencari target yang mudah untuk didapat. Jadi kalau misal Kamu pakaikan kunci cakram di depan, pastinya si maling akan nyari motor lain. 

5. Gunakan Secure Key System

Di era motor modern, biasanya sepeda motor punya penutup di bagian lubang kunci. Nah, penutup ini juga bisa bikin motormu terselamatkan dari aksi pencurian lho. Karena jika gak ditutup, si pencuri akan dengan mudah untuk “ngoprek” lubang kunci dan nyalain mesin dalam waktu kurang dari 10 detik. 

6. Pasang Tombol Rahasia

Pasang tombol rahasia atau sensor statis rahasia di beberapa baut motormu juga bisa menjadikan motormu aman dari pencurian. Part pengaman dan instalasinya sekarang banyak ditemui di bengkel – bengkel umum. Yang bikin cara ini efektif adalah hanya kita yang tau dimana tombol / sensor statis untuk nyalain motor. Mereka yang gak tau caranya gak bakal bisa deh nyalain motor ini. 

7. Jaga Hubungan Baik Dengan Pak Parkir

Biasanya yang sering dijaga hubungannya tuh ama mantan. Padahal gak ada gunanya, yang ada malah baper baperan. Iya ga? 

Nah, jika Kamu rutin parkir di sebuah tempat, kampus misalnya, ada baiknya kamu baik – baikin tuh Pak Parkirnya. Menjaga hubungan baik dengan pak parkir akan menambah peluang amannya motormu dari curanmor. 

Ingat! Mantan nomor sekian, Pak parkir nomor satu. 

Nah, udah tau kan apa aja yang harus dilakukan untuk mengamankan motormu dari tangan jahil sang maling motor? Semoga tips di atas bermanfaat untuk mengamankan motormu ya. Yang penting, Kamu harus tetap waspada dengan keadaan sekitarmu. Oke?! 

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More