wanda

#Cari_Aman Saat #Cari_Berita Ala Jurnalis Profesional

Publikasi: 9 bulan 10 hari 14 jam 33 menit yang lalu

Sebagai awak media dan ujung tombak dari pusat informasi, keberadaan seorang yang berkecimpung di bidang jurnalisme sangat penting. Tanpa adanya mereka yang bergelut di jalanan berburu berita, tentunya kita – kita ini hanyalah penggila motor yang gak tau informasi apa – apa. 

Nah, memperingati Hari Pers Nasional (HPN) pada tanggal 9 Februari 2019 kemarin, kita bakal ngebahas topik khusus untuk keselamatan para jurnalis yang gak jarang ngebut di jalanan demi  on time dapat berita yang akurat dan sesuai fakta. Buat para wartawan / jurnalis yang lagi baca artikel ini, ini nih tips untuk kalian supaya tetap cari aman saat cari berita!

1. Pintar Memilih Rute

Tips pertama yang bisa kita sampaikan adalah pastikan rute yang Kamu pilih merupakan rute teroptimal dan paling efektif untuk menuju lokasi yang diinginkan. Efektif disini bukan hanya jarak yang dekat ya, karena percuma jarak dekat kalau macet atau jalannya jelek dan banyak lubang. Segera putuskan untuk memilih rute yang sekiranya aman dan cepat sebelum berkendara.

Jangan lupa untuk memikirkan banyak faktor yang mungkin terjadi di lapangan. Contohnya, jam pulang kerja, jam istirahat kerja, ada demo di sebuah jalan utama, dan berbagai faktor yang bisa bikin Kamu bete sendiri karena kejebak di situasi yang gak enak.

2. Taktis melihat situasi

Situasi di lapangan memang gak akan pernah bisa mudah untuk ditebak. Apalagi jika yang diliput adalah sebuah kegiatan yang rawan ricuh seperti demo dan kegiatan serupa. Oleh karenanya, berperilakulah secara cerdas dan penuh kewaspadaan. 

Pastikan juga kendaraan Kamu dalam posisi yang aman dan selalu terkunci ganda untuk menghindari mereka – mereka yang ingin memanfaatkan keadaan. Bisa aja saat semua sedang sibuk dengan tugasnya malah ada beberapa oknum nakal yang sedang beraksi. Ingat pesan almarhum bang napi. 

Kejahatan tidak hanya terjadi karena niat pelakunya, tapi bisa terjadi karena ada kesempatan. Waspadalah waspadalah! 

3. Mengedepankan Keamanan Diri dan Tim

Tentunya sebagai ujung tombak dari pencarian berita, seorang jurnalis wajib mengedepankan keamanan diri dan tim yang berkerja pada saat itu. Oleh karenanya, saat berkendara menggunakan motor, setiap personil wajib mengenakan alat keselamatnya masing – masing. Minimal menggunakan helm yang sesuai dengan SNI. 

Intinya keamanan di jalan adalah hal yang wajib dijaga saat Kamu bertugas.

4. Selalu Fokus dan Sesuai Porsi

Sebagai seorang jurnalis, terlebih yang sering bekerja dengan sebuah tim, fokus pada sebuah tugas tertentu adalah sebuah keharusan. Maksudnya ketika datang ke lokasi peliputan, agendakan segalanya secara matang dan lakukanlah apa saja yang harus dilakukan. Jangan sampai ter-distract oleh keadaan. Datang, lakukan, dan segera tinggalkan lokasi setelah mendapat segala yang dibutuhkan. Tentunya dengan berperilaku seperti ini, resiko kecelakaan kerja akan berkurang. 

5. Patuhi Rambu Lalu Lintas yang Ada

Kadang seorang pemburu berita akan melakukan apa aja demi gak kehilangan momen peliputan. Hal ini sah – sah aja karena memang tugas utama dari seorang wartawan ya mendapatkan berita yang faktual. Tapi kadang keselamatan saat berkendara jadi gak diperhatikan.

Padahal rambu – rambu tuh diciptakan untuk dipatuhi semua pengguna jalan. Termasuk polisi, termasuk juga pemburu berita. Karena diciptakannya rambu – rambu ini juga untuk keselamatan Kamu juga, makanya lebih baik ditaati deh rambu – rambunya. Jangan sampai tugasmu mengorbankan keselamatan dirimu juga. Ya kan?

Semoga dengan kelima tips di atas bisa membantu Kamu yang bergelut dengan jurnalisme lapangan tetap aman dan selamat dalam menjalankan tugas. Selamat bertugas kawan – kawan! Tetaplah menghasilkan karya pemberitaan yang berkualitas dan mencerdaskan bangsa.


Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More