Cek 8 Poin Ini, Agar Perjalanan Mudik Aman Dengan Honda Matic

Publikasi: 1 tahun 6 bulan 21 hari 28 menit yang lalu

Motor matic honda sudah menjadi primadona selama belasan tahun belakangan, mengingat jumlah penggunanya terbilang sangat tinggi. Jika kamu berencana untuk melakukan perjalanan mudik dengan honda matic kesayanganmu, maka pastikan kamu mempersiapkan kendaraan roda dua tersebut dengan baik sejak awal. Apapun jenis honda matic yang kamu gunakan, jangan lupa untuk mengecek kondisi keseluruhan motormu dengan seksama.

Berikut ini adalah 8 poin penting yang wajib kamu cek pada motor maticmu, agar perjalanan mudikmu aman dan lancar:

Kondisi rem

Bagian rem menjadi salah satu yang paling penting untuk dicermati sebelum berkendara. Pastikan kanvas rem masih dalam kondisi layak dan bisa bekerja dengan baik, sehingga rem bisa digunakan secara maksimal tanpa gangguan. Selain itu, periksa juga minyak rem dan pastikan masih bisa berfungsi dengan baik. Cek dan pastikan kondisi handle dalam posisi yang tepat dan normal, sehingga bagian ini bisa bekerja dengan baik dan nyaman ketika kamu gunakan saat berkendara. 

Cek oli mesin

Selain melakukan pengecekan pada bagian mesin, periksa juga kondisi oli mesin honda matic kamu. Lihat apakah oli masih layak pakai dan bisa bekerja dengan baik untuk melindungi bagian mesin. Jika perlu, lakukan penggantian oli ini untuk memastikan mesin motor bekerja maksimal dan perjalanan mudik kamu berjalan lancar.

Kelayakan ban

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi ban motor kamu dengan teliti. Jika kondisi ban sudah botak, maka sebaiknya kamu ganti dengan yang baru. Hal ini penting, untuk mengatasi masalah selama perjalanan mudik nanti, terutama jika kamu akan menempuh perjalanan mudik yang cukup jauh. Selain itu, cek juga kondisi tekanan angin ban dan pastikan dalam kondisi yang normal dan nyaman untuk perjalanan. 

Periksa grip gas

Cek kondisi grip gas sebelum mudik, sebab hal ini juga bisa mempengaruhi kenyamanan kamu selama berkendara. Pastikan grip gas masih berfungsi dengan baik dan putarannya lancar ketika digunakan. 

Cek lampu-lampu dan klakson

Cek bagian lampu-lampu honda matic satu persatu, dan pastikan semua berfungsi dengan baik. Jika ada lampu yang rusak / putus, segera lakukan penggantian dengan yang baru. Selain itu, periksa juga klakson motor kamu dan pastikan klakson bisa berfungsi dengan baik. Kedua bagian ini penting, apalagi jika kamu akan menempuh perjalanan mudik di malam hari. 

Ketersediaan BBM

Periksa juga ketersediaan BBM di motor matic kamu dan pastikan jumlahnya masih cukup. Sebelum berangkat, akan sangat baik jika kamu melakukan pengisian BBM dalam jumlah maksimal (full). Hal ini akan membantu mengatasi resiko kehabisan BBM di tengah perjalanan, terutama jika kamu melewati rute yang sepi dan jarang terdapat SPBU. 

Cek bagian stang

Periksa juga bagian stang motor dan pastikan bagian ini berfungsi dengan baik. Jika kamu merasa bagian stang terlalu kencang (kaku) atau bahkan longgar, maka segera lakukan perbaikan sebelum mudik. Stang yang kurang pas biasanya akan membuat perjalanan berkendara dengan honda matic menjadi terasa kurang nyaman. Selain itu, hal ini juga cukup berbahaya dan bisa membuatmu mudah lelah. 

Jangan lupakan spion

Pastikan honda matic kamu juga dilengkapi dengan spion yang berfungsi dengan baik, agar kamu bisa berkendara dengan aman dan lancar. 

Perjalanan mudik dengan honda matic akan memberi banyak kemudahan dan kenyamanan untukmu. Periksa dan pastikan setiap bagian motormu sudah dalam kondisi yang baik, sehingga perjalanan mudik bisa berjalan aman dan nyaman hingga sampai tujuan. Tetaplah berhati-hati dan jaga kondisi selama perjalanan mudik nanti. 

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More