CVT Motor Matic Gemetaran? Gemuk Bisa Jadi Penyebabnya

Publikasi: 4 bulan 6 hari 18 jam 41 menit yang lalu

Jangan langsung naik darah ketika membaca judul di atas. Artikel ini tidak akan membahas berat badan Anda atau gebetan, kok. Ini perkara CVT motor matic yang bergetar. Tentu bukan juga soal Anda yang terlambat makan, sampai akhirnya merasakan getaran ketika berkendara.

Ternyata gemuk alias grease bisa memicu munculnya getaran pada CVT motor matic, lho! Apakah Anda pernah mengalami getaran tersebut padahal merasa motor dalam keadaan baik-baik saja?

Ini dia yang bisa jadi pemicu getaran CVT motor matic

Gemuk atau grease yang berceceran ternyata bisa menjadi biang keladi CVT motor matic Anda yang terasa bergetar. Kok bisa begitu? Ini penjelasannya.

1. Gemuk kerap kotori rumah kampas ganda

Gemuk dari pulley belakang sering tercecer dan akhirnya mengotori rumah kampas ganda. Biasanya, hal ini terjadi lantaran sil pulley belakang yang telah getas. Grease di pulley belakang ini berfungsi untuk melumasi pin slide supaya bergerak lancar. Nah, ceceran gemuk di tapak kampas ganda berisiko menimbulkan slip pada kampas. Alhasil, Anda merasakan getaran dari CVT.

2. Jarak tempuh

Selain ceceran gemuk pada kampas ganda, jarak tempuh dan umur motor matic kesayangan Anda pun dapat menjadi faktor munculnya getaran dari bagian CVT. Getaran ini akan muncul ketika Anda menggunakannya untuk berkendara dalam jarak jauh. 

Cara mengatasi getaran pada CVT

Untuk mengatasi getaran dari bagian CVT, Anda sebaiknya membawa motor ke bengkel. Di sana, mekanik dapat membersihkan kampas ganda yang terkena ceceran gemuk, maupun mengganti sil pulley yang getas, dengan yang baru.

Selain itu, mekanik juga bisa memeriksa kondisi CVT motor Anda sekaligus. Biasanya hal ini dilakukan untuk mencari penyebab getaran dari CVT pada motor matic yang usianya masih relatif muda. Untuk kasus ini, mekanis akan membersihkan seluruh bagian CVT.

Dari proses ini, mekanik pun bisa melihat komponen-komponen yang membutuhkan penggantian. Misalnya saja van belt, weight set, CVT spring, roller CVT, maupun clutch spring. Namun kalau penyebabnya cuma kotor di bagian kampas ganda, penggantian spare part tidak diperlukan.

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222791114/cvt-motor-matic-bergetar-akibat-ceceran-gemuk-dari-sini-penyebabnya?page=2

https://otomotif.tempo.co/read/1162885/penyebab-motor-matik-bergetar-di-kecepatan-rendah/full&view=ok

https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/jihad-akbar/ini-penyebab-motor-matic-bergetar-saat-digas-dan-solusinya/3

Label : Mesin Cari Aman Safety Riding CVT Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More