Di Bengkel Spesialis, Ini Biaya Servis Besar Motor Matic

Publikasi: 1 tahun 2 bulan 1 hari 9 jam 46 menit yang lalu

Bukan hanya pacaran yang butuh komitmen, tapi juga perkara memiliki motor. Oleh karena itu, kalau Anda sudah memutuskan untuk memiliki motor, jangan lupa berkomitmen mengalokasikan uang untuk perawatan, termasuk servis besar. 

Seiring dengan bertambahnya usia pemakaian motor, Anda pun harus menyisihkan uang untuk biaya servis, termasuk servis besar. Nah, berapa sih besarnya kisaran biaya servis besar motor matic?

Siapkan uang segini buat servis besar motor matic

Sebenarnya, Anda disarankan untuk melakukan servis besar di bengkel resmi. Namun jika karena beberapa pertimbangan, Anda belum bisa mengunjungi bengkel resmi, maka bengkel spesialis pun dapat menjadi pilihan. Lantas, berapa biayanya?

Sebelum mengetahui tentang kisaran biayanya, ada baiknya memahami yang dilakukan mekanik dalam servis besar. Setidaknya, servis besar pada motor matic terbagi menjadi dua, yaitu semi overhaul dan belah mesin.

1. Semi overhaul

Mekanik melakukan semi overhaul untuk memperbaiki maupun memberikan perawatan bagi komponen, hanya di head silinder. Biayanya sekitar Rp200.000-300.000, tergantung tingkat kerusakan. Ingat, itu baru biaya jasa, alias belum termasuk pembelian komponen yang diperlukan.

2. Belah mesin

Sementara itu, belah mesin dilakukan untuk mengganti kruk as, blok silinder, maupun piston. Untuk perawatan yang satu ini, Anda perlu menyiapkan setidaknya Rp400.000-500.000 di luar harga spare part yang dibutuhkan motor.

Kapan motor harus servis besar?

Idealnya, servis harus tetap dilakukan sesuai rekomendasi pabrikan motor, meski Anda belum merasakan adanya gangguan. Sebagai patokan waktu, Anda disarankan membawa motor ke bengkel untuk menjalani servis besar setelah motor menempuh jarak 60 kilometer.

Selain menyiapkan uang, Anda pun harus merelakan waktu untuk tidak berkendara dengan motor kesayangan di hari servis besar. Soalnya, proses perawatan yang satu ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Mekanik bengkel setidaknya membutuhkan waktu satu hari ini servis motor besar.

Namun kalau ternyata ada yang harus dikerjakan pada korter blok mesin, maka bersiaplah untuk ‘rawat inap’ motor di bengkel selama tiga hari. Jadi sebaiknya, Anda sudah memiliki alternatif transportasi di hari servis besar motor.

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222791270/biaya-servis-besar-motor-matic-di-bengkel-spesialis-segini-harganya

https://www.viva.co.id/otomotif/motor/834315-motor-wajib-servis-besar-jika-muncul-tanda-ini

Label : Service Motor Cari Aman Safety Riding Servis Motor Bengkel Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More