Efek Berantai Malas Ganti Oli Mesin

Publikasi: 5 bulan 6 hari 23 jam 2 menit yang lalu

Mengganti oli  di waktu yang tepat merupakan salah satu upaya menjaga keawetan mesin motor. Telat atau tidak ganti oli sama saja membiarkan mesin motor rusak. Alhasil harus mengeluarkan dana besar untuk perbaikan.

Pelumas atau oli merupakan cairan yang penting bagi mesin. Cairan ini memiliki sifat yang tidak permanen, atau dalam artian kualitasnya bakal menurun seiring pemakaian.

Oli  yang sudah lama pemakaiannnya  akan menurun kemampuan. Kalau menurun kemampuan, melumasi mesin berkurang. 

Nah, salah satu upaya menjaga keawetan mesin motor adalah  tidak terlambat menganti oli. Karena keterlambatan  sama saja membiarkan mesin motor rusak. Alhasil harus mengeluarkan dana besar untuk perbaikan.

Apa saja, efek  berantai jika tidak rutin mengganti oli mesin:

Komponen Rusak

Telat ganti oli bisa menimbulkan kerusakan pada komponen di dalam mesin. Sebabnya, karena kekentalan oli sudah menurun sehingga kualitas pelumasan menjadi berkurang. Hal ini dapat menyebabkan gesekan antar sesama komponen.

Kerusakan pada komponen vital di dalam mesin jugai akan membuat kita mengeluarkan biaya lebih banyak saat perbaikan.

Kurang Nyaman 

Telat ganti oli akan menimbulkan getaran pada mesin sehingga menurunkan kenyamanan berkendara.

Mesin Panas 

Fungsi oli bukan cuma melumasi mesin, namun juga membantu mendinginkan mesin. Jika oli berkurang maka fungsi pendinginan mesin dari oli berkurang maksimal. Ini yang menyebabkan panas berlebih yang muncul dari mesin.

Boros BBM 

Anggapan motor irit, namun Anda jarang ganti oli bisa saja sirna. Sebab, motor bisa menjadi boros bahan bakar karena sering telat ganti oli mesin.

Hal ini karena saat oli mesin yang volumenya sudah berkurang dipakai terus-menerus maka gesekan antar komponen mesin makin keras dan kasar. Akibatnya, performa mesin jadi lebih berat dan kondisi ini membutuhkan lebih banyak konsumsi bahan bakar.

Ingat, rutin ganti oli bisa membuat usia pakai mesin akan jauh lebih lama dibandingkan mesin yang olinya tidak pernah diganti atau sering terlambat diganti.

Karena itu selalu ingat jadwal berkunjung ke bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS  agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.Artinya 

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.***

Service Motor Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Servis Motor #hondacare Oli Motor

Berita Terkait