Wahana Honda

Evolusi Honda Supra Dari Masa Ke Masa

Publikasi: 3 bulan 28 hari 12 jam 46 menit yang lalu

Kiprah Honda dalam dunia otomotif tanah air tidak diragukan lagi. Sudah bergelut selama puluhan tahun, motor keluaran Honda tentu sudah tidak bisa dipisahkan dengan mobilitas masyarakat Indonesia. Motor Honda sendiri sudah dikenal masyarakat dengan spesifikasi unggul juga spare part motor Honda yang terkenal murah. Untuk kelas motor bebek, produk Honda yang satu ini dapat dikatakan sukses sepanjang sejarah Honda, atau bahkan secara nasional sekalipun. Honda supra sudah mengaspal jalan nusantara sejak 21 tahun lalu.

Selama 21 tahun, Honda sudah meluncurkan sebanyak 12 seri motor Supra dengan puluhan varian warna yang menarik. Setiap seri motor yang dikeluarkan tentunya memiliki spesifikasi masing-masing, di mana teknologinya mampu mengakomodir kebutuhan masyakarat dari masa ke masa. Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas kedua belas seri Honda supra yang telah dirilis PT. AHM, melainkan 5 motor Supra yang memiliki cerita unik versi wahana motor. Berikut ulasannya.


1.  Honda Supra

Rilis pada tahun 1997, motor seri ini adalah seri pertama dari Honda Supra. Masyarakat ada yang menyebutnya sebagai Honda Astrea Supra, tidak heran karena di generasi motor bebek sebelumya, Honda membangun pasar motor bebek dengan produk Astrea yang sudah melegenda. Kapasitas mesin motor yang satu ini sebesar 97cc dengan sistem pengereman depan belakang yang masih menggunakan tromol. Tampilan Honda Supra ini merupakan gebrakan motor bebek yang sempat viral. Untuk pertama kalinya motor bebek tampil dengan bodi meruncing ke belakang dengan shock belakang yang lebih tinggi sehingga posisi jok belakang terlihat meninggi.



     Honda Supra X

Setahun setelah Honda Supra generasi pertama, tahun 1998 Honda Supra X kemudian rilis dengan menyandang nama X yang akan diaplikasikan kepada beberapa Honda Supra edisi selanjutnya. Honda Supra X ini sudah dibekali dengan pengereman cakram pada bagian depan, sedangkan untuk bagian belakang masih menggunakan rem tromol. Motor ini mengusung mesin berkapasitas 100cc yang terkenal awet.


 

3.      Honda Supra X 125

Untuk kali pertamanya Honda Supra menggunakan mesin berkapasitas lebih besar dari sebelumnya, yakni 125cc. Dapat dikatakan bahwa motor ini merupakan revolusi pada mesin pertama Honda untuk rilisan motor bebek. Mesin yang digunakan Supra X 125 ini merupakan pengembangan dari Honda Karisma. Rilis pertama kali tahun 2005, motor ini langsung laris manis di pasaran. Sistem pengereman masih seperti generasi sebelumnya, bagian depan menggunakan cakram, sedangkan bagian belakang masih menggunakan tromol.


4.  Honda Supra X 125 PGM – FI

Jika revolusi pertama mesin Supra dengan menaikkan kapasitas mesin, Honda Supra X 125 PGM – FI ini adalah revolusi kedua oleh Honda terhadap mesin Supra. Mengusung teknologi hemat bahan bakar Programmed-Fuel Injection (PGM – FI), motor ini langsung menjadi pembicaraan hangat bagi para pecinta motor bebek di Tanah Air. Kapasitas mesin 125cc dengan teknologi PGM FI ini merupakan dasar pengembangan Honda Supra edisi berikutnya. Pasalnya sejak tahun pertama motor ini dirilis yakni 2006, semenjak itu Honda terus merevisi motor Supra dengan kapasitas mesin 125cc dengan pengembangan PGM-FI.


5.   Honda Supra GTR 150

Yang terakhir ini merupakan rilisan paling anyar dari Honda Supra. Honda Supra GTR 150 merupakan motor supra dengan mesin paling tinggi. Mengusung mesin sebesar 150cc dengan fitur teknologi paling mutakhir sehingga motor ini layak menyandang sebagai rajanya motor bebek.


Itulah 5 motor Honda Supra yang paling berkesan menurut Wahana Honda. Kelas motor bebek ini terus berevolusi dan berinovasi dari masa ke masa. Motor keluaran Honda tidak hanya tangguh tetapi spare part motor Honda juga murah dan gampang dijumpai.


Label : Bebek

Comment

Your comment
Load More