wanda

Fitur Sepeda Motor Yang Mendukung Keselamatan Berkendara

Publikasi: 1 bulan 10 hari 15 jam 50 menit yang lalu

Perkembangan jaman dan teknologi di dunia tentunya juga mempengaruhi perkembangan dunia otomotif. Sekarang kendaraan sepeda motor memiliki berbagai fitur keselamatan yang setiap tahunnya di gunakan agar keselamatan dan keamanan berkendara menjadi lebih aman. 

Selain lebih aman, tentunya teknologi ini akan lebih nyaman untuk digunakan sehingga menarik perhatian kita sebagai pengendara sepeda motor. Jadi fitur sepeda motor tersebut apa saja sih? Mari kita coba bahas beberapa fitur yang sangat mendukung keselamatan berkendara. 

Mungkin kamu sudah pernah mendengar beberapa fitur yang akan kita bahas tapi juga mungkin beberapa fitur sepeda motor ini juga ada beberapa yang cukup asing di telinga. Oke langsung saja kita simak beberapa fitur sepeda motor yang mendukung keselamatan berkendara. 

ABS (Anti-lock Braking Systems)

Nah teknologi pengereman yang satu ini sangatlah populer untuk diterapkan pada sepeda motor beberapa tahun kebelakang. ABS atau Anti-lock Braking Systems adalah sebuah sistem pengereman yang digunakan oleh kendaraan (sepeda motor, mobil, dan sebagainya). Sistem yang satu ini memastikan pengereman berjalan dengan baik tanpa mengunci gerak roda yang bisa menimbulkan selip. 

Pengereman menggunakan ABS ini sangatlah banyak diterapkan di kebanyakan sepeda motor di jaman sekarang. Dengan menggunakan ABS ini tentunya akan membuat sepeda motor menjadi lebih aman dibandingkan dengan menggunakan sistem pengereman konvensional seperti biasanya. 

Dipercaya menggunakan sistem pengereman ABS akan menurunkan tingkat kecelakaan karena masalah pengereman sebanyak 18% di jalan raya dan juga 35% di jalan yang tidak memiliki aspal. Jadi, fitur sepeda motor yang satu ini sangatlah mendukung keselamatan berkendara. 

Traction Control Systems 

Sistem ini memiliki tujuan yang sama dengan ABS yaitu menghindari selip yang terjadi pada ban sepeda motor. Dengan menggunakan Traction Control Systems, sepeda motor akan terhindar dari selip dan mencegah roda berputar lebih cepat dari yang seharusnya, khususnya di jalan yang tidak memiliki aspal atau jalan tanah dan penuh pasir. 

Di Indonesia sendiri teknologi ini masih belum banyak digunakan namun kemungkinan dalam waktu yang dekat kamu mungkin akan segera menikmati teknologi keren ini bro. Teknologi ini akan membantu memberikan keseimbangan lebih dalam berkendara. 

Slipper Clutch

Teknologi ini adalah sebuah teknologi yang sering ada di beberapa sepeda motor dengan cc besar. Teknologi dan fitur yang mendukung keselamatan berkendara yang satu ini berfungsi untuk menghindari selip kopling saat memindah gigi. 

Khususnya fitur keselamatan yang satu ini agar mampu memberikan engine brake yang maksimal untuk sebuah sepeda motor guna membantu proses pengereman sepeda motor. Menggunakan engine brake untuk membantu pengereman tentunya lebih bisa memaksimalkan pengereman saat kita berada di jalan raya, salah satunya adalah di jalan turunan pengunungan dan juga daerah jalan ekstream lainnya. 

Nah, engine brake ini juga terkadang menjadi buah simalakama karena terkadang selipnya kopling ini bisa menjadikan sangat berbahaya. Untuk itulah fitur keselamatan sepeda motor yang satu ini ada. Slipper Clutch ini bisa mengurangi resiko terjadinya selip sehingga engine brake akan sangat maksimal.

Teknologi Injeksi

Berkaca dari beberapa tahun yang lalu dimana karburator sepeda motor masih digunakan secara konvensional menggunakan katup. Walaupun sampai sekarang masih banyak yang menggunakan teknologi Injeksi ini menjadi salah satu fitur keamanan baru yang sangat populer dan sudah pasti digunakan oleh sepeda motor baru yang ada di pasaran sekarang ini. 

Beberapa kelemahan yang dimiliki oleh karburator konvensional terutama produksi tahun – tahun lama adalah seringnya bocor, kemudian sering juga katup yang “nyangkut” sehingga sehingga bisa membahayakan pengendara dan juga pembakaran bahan bakar yang kurang efektif. 

Beberapa hal ini diselesaikan dengan fitur injeksi sekarang ini sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai beberapa masalah ini. Teknologi ini menggunakan sensor canggih yang mampu mengatur berbagai kondisi terkait dengan keamanan sepeda motor yang berhubungan dengan aliran bahan bakar. 

Sensor tersebut juga terbukti menambahkan tenaga yang lebih baik kepada sepeda motor lho, karena tentunya pembakaran bahan bakar akan menjadi sangat maksimal. 

Nah, itu dia beberapa fitur sepeda motor yang mendukung keselamatan berkendara. Mungkin beberapa fitur tersebut sudah tidak asing lagi di telinga bukan? Namun juga beberapa mungkin belum pernah terdengar. Sampai sekarang teknologi terus dikembangkan sehingga sepeda motor akan menjadi sangat aman demi mencapai keselamatan dan juga keamanan di jalan raya khususnya bagi para pengendara sepeda motor. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha

Comment

User Comment

Your comment

Load More