Ga Usah Takut Naik Motor Di Tanjakan, Ini Triknya

Publikasi: 1 bulan 3 jam 16 menit yang lalu

Selain diklaksonin banyak orang di jalan, yang sukses bikin deg-degan sampai keluar keringat dingin waktu naik motor adalah tanjakan. Terlebih jika kita masih newbie alias baru belajar naik motor. Sebenarnya, Anda tidak perlu panik. Soalnya, ada trik yang bisa dilakukan agar Anda bisa melalui jalanan menanjak dengan lancar.

Ini terutama bagi Anda yang mengendarai motor matic. Apabila Anda telah jauh-jauh hari mengetahui medan yang akan ditempuh, misalnya adanya tanjakan dalam jarak jauh, tak ada salahnya melakukan servis dulu di bengkel. Mintalah teknisi untuk memeriksa kondisi v-vbelt.

Ini trik mengendarai motor matic di jalan menanjak

Nah, setelah melakukan persiapan yang cukup, termauk dengan memeriksakan kondisi motor ke bengkel, ada langkah-langkah yang harus diingat dan dilakukan ketika berkendara di jalan.

1. Ambil ancang-ancang

Apabila sudah mengetahui medan yang akan dilalui, Anda bisa mengambil ancang-ancang cukup jauh sebelum tiba di tanjakan. Jadi ketika sudah mendekati tanjakan, Anda bisa menjaga kecepatan lebih tinggi, agar kuat menanjak.

2. Tahan gas

Trik selanjutnya adalah menahan agas alias tidak membukanya secara penuh, ketika Anda melalui jalan menanjak. Caranya adalah dengan membuka gas pelan-pelan. Dengan begini, torsi mesin pun bisa optimal. Soalnya, performa v-belt yang ada di motor matic, tidak sama halnya dengan gear pada motor kopling.

3. Pakai rem belakang

Ketika hendak mengurangi kecepatan maupun menghentikan laju motor di jalan menanjak, pakailah rem belakang. Tujuannya, agar motor tidak bergerak mundur

4. Lakukan manuver zig-zag

Masih ada trik lainnya untuk menanjak dengan motor matic. Jika kondisi jalanan cukup sepi, Anda bisa berkendara di tanjakan dengan cara zig-zag. Melalui manuver ini, mesin tidak terlalu berat untuk mendukung kendaraan naik di tanjakan. Sebab dengan zig-zag, posisi jalan terhadap motor pun menjadi landau.

Pentingnya kesiapan mental di jalanan menanjak

Selain persiapan teknis dan trik berkendara, yang tidak boleh Anda lupakan adalah kesiapan mental ketika hendak melalui jalan menanjak. Terlebih jika Anda akan melewati area perbukitan maupun pegunungan. Jangan lupa menerapkan etika berkendara, termasuk menyalakan sein ketika hendak berpindah ke sisi lain.

Referensi

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/05/064200115/tips-mengendarai-motor-matik-di-jalan-menanjak

https://www.motorplus-online.com/read/251225293/5-cara-mengendarai-motor-ditanjakan-ini-wajib-dipahami?page=all

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More