Tips Aman Naik Motor Kopling Di Tanjakan Biar Mesin Ga Mati

Publikasi: 2 tahun 7 bulan 10 hari 12 jam 16 menit yang lalu

Mengendarai motor kopling tentulah memiliki kesenangan dan ketegangan tersendiri. Merasakan akselerasi motor manual bisa menjadi kepuasan tersendiri. Namun, berkendara di jalan menanjak pun akan memberi sensasi ketegangan yang berhasil bikin bulu kuduk berdiri. Namun, Anda jangan jiper duluan.

Meski kelihatannya menyeramkan, kalau tahu tipsnya, naik motor kopling di tanjakan bukanlah hal yang mustahil. Seperti apa ya, cara-cara aman untuk mengendarai motor manual di jalan menanjak?

Cara naik motor manual di jalan menanjak

Baik itu motor matic maupun motor kopling, memiliki tantangannya tersendiri ketika dibawa berkendara melintasi jalan menanjak. Pada motor matic, Anda harus fokus pada bukaan gas. Sementara itu di motor kopling, berikut ini tips yang penting untuk Anda terapkan.

1. Kuasai perpindahan gigi

Jalan menanjak itu tidak serta-merta muncul di depan mata. Biasanya, ada rambu sebagai penanda agar Anda bersiap menghadapi tanjakan. Jadi, ketika Anda melihat rambu ini, langsung pindahkan transmisi ke gigi rendah, alias gigi dua atau gigi satu.

Jika tanjakannya curam, gunakan gigi satu. Mengapa gigi harus diturunkan? Ternyata, makin tinggi gigi ketika motor dipacu, maka kerja mesin juga jadi semakin berat untuk mendorong motor di tanjakan. 

Yang penting, jangan ganti gigi ketika tanjakan sedang padat. Soalnya dalam kondisi ini, motor malah berisiko mundur. Tambah panik dong?

2. Buka gas seperempat

Mesin gas memang berisiko mati di jalan menanjak. Untuk menghindarinya, buka gas seperempat. Biasakan tangan tetap menahan rem depan. Selanjutnya, buka kopling pelan-pelan sampai motor terasa bergerak. Tahan kopling dan lepas rem tangan. Selamat!

Anda pun mulai berhasil mengendarai motor di tanjakan. Jika selanjutnya motor telah menanjak dengan mulus, tangan bisa dilepas dari kopling. Hindari kebiasaan menggantung kopling, karena hal ini malah bikin kampas cepat aus.

Lalu bagaimana kalau kendaraan di depan Anda berhenti? Jangan panik. Tarik kopling dan rem motor secara perlahan. 

Apabila belum percaya diri untuk melakukannya, tak ada salahnya untuk meminta bantuan teman dalam mendapingi. Sebelum ke jalan raya, cobalah pilih lokasi menanjak di perumahan misalnya, untuk latihan.

Referensi

https://hot.liputan6.com/read/4304221/7-cara-mengendarai-motor-kopling-di-tanjakan-penting-untuk-pemula

https://www.carmudi.co.id/journal/begini-triknya-supaya-motor-kopling-tidak-mati-di-tanjakan/

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Kopling Motor

Berita Terkait