Habis Beli Motor Bekas, Terus Kampas Remnya Habis Sebelah?

Publikasi: 5 bulan 20 hari 7 jam 19 menit yang lalu

Salah satu yang penting untuk diperhatikan sebelum membeli motor bekas adalah kondisi kampas rem. Jika kampas remnya habis sebelah, maka Anda bisa menebak kalau pemiliknya kurang merawat sistem pengereman motor.

Namun jika terlanjur membeli motor bekas dengan kondisi kampas rem yang sudah habis sebelah, Anda tidak perlu panik. Tetap ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membantu mengembalikan kemampuan pengereman motor.

Ini yang harus dilakukan saat kampas rem habis sebelah

Kampas rem motor bisa habis sebelah karena kotornya kaliper. Sebagai efeknya, daya tekan pada piringan cakram pun menurun. Penumpukan kotoran teersebut bisa terjadi karena usia pemakaian motor. Bagaimana cara mengatasinya?

1. Membersihkan kaliper

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka kaliper dan membersihkannya dari kotoran. Gunakan air dan sabun untuk membersihkannya. Setelah itu, jangan lupa untuk mengeringkannya menggunakan angin dari kompresor. Setelah kaliper bersih, berikan gemuk di pin bracket-nya.

2. Mengganti karet boot kaliper

Perhatikan kondisi karet boot kaliper. Jika sudah robek, maka Anda juga harus segera menggantinya. Tujuannya, agar pin bracket kaliper bisa tetap terhindari dari kotoran.

3. Mengganti kampas rem

Yang tentu juga penting dilakukan adalah mengganti kampas rem yang sudah habis, dengan yang baru. Jangan tunggu sampai kampas rem benar-benar habis untuk menggantinya. Jika Anda mendapati kampas rem sudah menipis, segera ganti dengan yang baru. Jadi, fungsi pengereman bisa kembali normal.  

Peran kampas rem pada motor

Kampas rem pada motor, entah itu pada sistem rem tromol atau cakram, berperan dalam menghambat atau menghentikan putaran cakram serta roda. Jadi jika fungsinya terganggu, Anda sebagai pengendara pun akan kesulitan menghentikan laju motor.

Sayangnya, walaupun perannya sangat penting dalam keselamatan berkendara, kondisi kampas rem tak jarang terabaikan. Pengendara maupun pemilik motor biasanya baru akan melakukan perawatan saat menyadari kampas rem menipis atau bahkan habis.

Nah, setelah mengetahui pentingnya fungsi kampas rem, jangan cuek lagi ya dengan kondisinya! Apalagi jika Anda sering mengendarai motor di musim hujan seperti saat ini.

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222732430/tips-beli-motor-bekas-ini-sebab-dan-solusi-kampas-rem-habis-sebelah?page=all

https://beritagar.id/artikel/otogen/mengenal-dan-menjaga-kampas-rem-agar-tetap-berfungsi-dengan-baik

Label : Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Kampas Rem

Comment

User Comment

Your comment

Load More