Hati-Hati! Begini Efek Dari Filter Oli Kotor

Publikasi: 7 bulan 18 hari 1 jam 39 menit yang lalu

Setiap   bagian dari kendaraan  motor milikmu perlu  dirawat. Jika tidak efeknya bisa berabe.  Bisa bikin  dompet bolong. Karena bagian yang dibiarkan rusak, tidak langsung diperbaiki. Begitu juga  dengan filter oli mesin motor. Sebaiknya selalu dirawat jangan sampai telat, jika sudah waktu untuk mengganti.

Seperti halnya oli mesin,  filter oli juga punya peran penting dalam menjaga kondisi mesin motor agar selalu dalam kondisi prima. Karena oli bisa kotor dan bercampur dengan serbuk sisa gesekan komponen di mesin, filter oli berfungsi memisahkan oli dan kotoran tersebut.

Kalau filter oli kotor dibiarkan, aliran oli jadi tidak lancar karena kotoran terus bercampur dan bersirkulasi ke seluruh komponen mesin. Jika diabaikan, secara perlahan mesin bisa mengeluarkan suara kasar akibat sirkulasi oli yang terganggu sehingga daya lumas oli tidak maksimal.

Dalam beberapa kasus, efeknya mesin motor jadi mudah overheat atau mati mendadak akibat jalur oli tersumbat kotoran.. Meskipun oli rutin ganti, membiarkan tetap memakai filter oli yang kotor dapat membuat piston dan blok silinder baret, sehingga bisa bikin mesin ngebul dan bahkan perlu turun mesin

Sebab kotoran berupa gram mesin yang bercampur dengan oli dan terus bergeseka dapat menggores permukaan komponen di mesin. Harga filter oli mesin  sendiri terbilang murah, dan tidak sebanding dengan risikonya kalau sampai tidak diganti secara rutin.

Bisa dibilang kondisi filter oli sama pentingnya dengan kondisi oli mesin yang berada di motor.

Karena itu, jangan lupa  untuk  selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan  pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Filter Oli

Berita Terkait

Jangan Biarkan Velg Motor Penyok

26 Februari 2024 - administrator

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

19 Februari 2024 - administrator