Hemat, Servis Motor Ini Bisa Anda Lakukan Sendiri Di Rumah

Publikasi: 5 tahun 9 bulan 29 hari 22 jam 8 menit yang lalu

Melakukan servis secara motor Anda secara berkala memang perlu untuk dilakukan untuk menjaga motor tetap dalam kondisi prima dan kerusakan fatal bisa dicegah.

Namun perlu juga bagi Anda sebagai pemilik motor mengetahui tata cara servis motor sederhana yang bisa Anda cek dan lakukan sendiri tanpa perlu bantuan mekanik di bengkel. Sekelas motor CBR250RR juga bisa Anda ‘servis’ sendiri jika sudah mengetahui langkah-langkah berikut ini.

  • Cuci motor
    Ini adalah salah satu proses perawatan motor termudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Selagi masih punya waktu, lakukan cuci motor sendiri di rumah karena peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit. Hanya perlu deterjen khusus untuk kendaraan bermotor, selang,
    sponge dan kanebo sebagai tahapan air untuk mengeringkan motor. Sebagai tambahan, Anda bisa mencuci motornya terlebih dahulu sebelum menyemprotkan cairan pembersih. Tunggu beberapa saat, lalu bilas.

  • Ganti oli
    Dalam kondisi mesin yang sudah panas, buka penutup oli dan letakan baki di bawah motor lalu lepaskan sumbatannya. Pastikan Anda melepaskan baut yang benar. Baut ini biasanya paling besar, biasanya ada di sisi bawah atau samping. Untuk Honda CBR250RR, baut yang perlu Anda buka ada di sisi kanan motor. Setelah sudah berhasil membuka penutup oli, gunakan oli yang cocok dan sesuai dengan standar motor.

  • Memberikan minyak
    Motor Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan minyak yang tepat di seluruh komponen yang ada. Mulai dari injakan kaki, lubang kunci, engsel, tuas, dan kabel. Periksa selalu buku panduan manual untuk mendapatkan langkah yang sesuai dengan motor yang Anda miliki.

  • Cek rantai
    Rantai motor merupakan komponen yang sangat penting karena berfungsi untuk menghubungkan mesin dan roda agar bisa bergerak. Penting untuk selalu memperhatikan kondisi rantai motor dan memahami bagaimana kondisi rantai yang tepat bagi motor Anda. Langkah pertama, Anda bisa mengendurkan baut yang ada di as roda belakang, selanjutnya kencangkan baut yang terletak di sisi motor sampai kamu merasa sudah mendapatkan kekencangkan yang sesuai baik di sisi kiri atau sisi kanan. Jangan lupa pasang kembali baut di as roda yang tadi telah Anda lepaskan.

Pastikan Anda membaca terlebih dahulu buku panduan yang berisi langkah lengkap tata cara perawatan motor yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, ya.


Matic

Berita Terkait