Wahana Honda

Ini Dia Cara Merawat Mesin Motor Matic Untuk Menghindari Kerusakan

Publikasi: 4 bulan 28 hari 2 menit yang lalu

Segmen dunia otomotif terlah berubah. Dahulu motor jenis cup atau yang lebih dikenal dengan motor bebek merupakan sepeda motor sejuta umat. Hampir setiap rumah memiliki satu motor bebek atau bahkan lebih. Kini, posisi motor bebek sebagai motor idaman masyarakat telah beralih karena nampaknya motor matic semakin memiliki banyak penggemar.

Berbagai pabrikan motor ditanah air berbondong-bondong untuk bersaing demi mendapatkan hati para konsumen. Setiap tahunnya motor matic hadir dengan inovasi dan pengaplikasian teknologi terbaru. Ada banyak motor matic yang dijual di pasaran, salah satunya keluaran Honda, yaitu Honda Beat. Honda Beat hadir dengan inovasi dan teknologi terkini.

Dalam urusan perawatan, Honda Beat terbilang motor yang perawatannya mudah. Namun ternyata, masih banyak saja orang yang asal-asalan dalam merawatnya, padahal hal ini akan berdampak pada kerusakan motor. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi pada motormu, kan? Biar nggak salah, berikut cara mudah merawat mesin motor matic yang perlu kamu ketahui.

  • Memanaskan motor setiap pagi
    Memanaskan motor setiap pagi menjadi hal sederhana yang dapat kamu lakukan. Pasalnya, mesin motor membutuhkan suhu tertentu agar siap siap untuk digunakan. Selain itu, memanaskan motor juga membuat mesin dilapisi oli secara perlahan. Tidak membutuhkan waktu lama untuk memanaskan mesin motor, yaitu cukup dengan 5-10 menit saja. Jangan menarik ulur gas dengan kencang karena perubahan suhu yang drastis lambat laun akan membuat mesin menjadi kasar.
  • Menggunakan bahan bakar beroktan tinggi
    Motor matic terbaru seperti Honda beat ini sudah menggunakan teknologi hemat bahan bakar. Teknologi hemat bahan bakar yang sudah diaplikasian pada motor matic terbaru Honda yaitu FI (Fuel Injection), yaitu sistem suplai bahan bakar yang terkomputerisasi dari injektor. Bahan bakar yang beroktan tinggi akan meminimaliskan timbal yang dapat menghambat asupan bahan bakar ke mesin. Jika timbal bahan bakar menumpuk akan merusak injektor dan saluran bahan bakar lain.

    Nah, bagi kamu yang menggunakan Honda beat atau motor matic terbaru, sebaiknya gunakanlah bahan bakar beroktan tinggi dengan Ron di atas 90 untuk menjaga mesin kendaraan tetap awet.



  1. Memperhatikan sistem kelistrikan


Motor matic Honda yang rilis di atas tahun 2014 tentunya sudah menggunakan teknologi hemat bahan bakar Fuel Injection (FI). Sistem hemat bahan bakar ini terkomputerisasi secara otomatis dengan mengandalkan kelistrikan. Injektor dapat bekerja dengan normal jika pasokan listrik stabil. Oleh karena itu, pastikan kelistrikan sepeda motor tidak mengalami masalah agar kinerja injektor maksimal. Untuk menghindari masalah kelistrikan, sebaiknya gunakanlah aki kering yang minim perawatan. Dengan memperhatikan kelistrikan maka mesin motor matic kesayangamu juga akan awet.  



  1. Melakukan servis secara berkala


Hal sederhana lain yang dapat kamu lakukan adalah servis rutin di bengkel resmi. Ini merupakan langkah awal karena setiap kali kita membeli sepeda motor, pihak dealer akan memberikan layanan servis gratis selama 4x dengan syarat dan ketentuan. Selama servis, biasanya montir akan mengecek secara keseluruhan kondisi motor. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti oli motor jika jarak tempuh sudah mencapai lebih dari 2.000 km.



Perawatan yang mudah seperti di atas tentunya akan membantu merawat motor agar kondisinya tetap maksimal meskipun digunakan setiap hari. Merawat motor dengan tepat tentunya akan menghindari kamu dari kerusakan yang akan menguras kantong. Nggak mau dong, sepeda motor kesayanganmu rusak dengan cepat, padahal kredit motor Honda Beat saja masih belum lunas. Semoga artikel ini bermanfaat ya!



Label : Matic

Comment

Your comment
Load More