Hindari Begal Dengan Cara Ini

Publikasi: 1 bulan 6 hari 7 jam 24 menit yang lalu

Salah satu yang ditakuti ketika harus naik motor seorang diri di malam hari adalah begal. Bahkan saat ini, aksi begal juga ditemukan di siang bolong. Para pelaku tak hanya mengambil paksa barang-barang berharga milik pengendara, tapi juga tak jarang, tega menyakiti para korban.

Oleh karena itu, Anda saat ini harus ekstra hati-hati ketika mengendarai motor. Gunakan perlengkapan berkendara sesuai standar, dan selalu waspada di jalan. Terlebih ketika Anda harus melewati rute-rute sepi.

Cara menjauhkan diri dari begal

Kesialan memang tidak dapat ditebak datangnya. Namun, Anda bisa mengurangi risiko terjadinya pembegalan melalui langkah-langkah seperti berikut ini.

1. Tidak berkendara sendirian

Langkah pertama dengan tidak berkendara seorang diri. Sebab, begal kerap kali mengincar pengendara motor yang sendirian. Oleh karena itu, Anda bisa coba mengajak teman yang tinggal searah untuk pulang bareng naik motor. Dengan cara ini, bukan tak mungkin Anda akhirnya membentuk komunitas pengendara motor yang bisa saling menjaga, ketika berangkat atau pulang bekerja. 

2. Bawa spray merica

Semprotan atau spray merica bisa menjadi ‘senjata’ darurat ketika Anda diserang di jalan. Setiap mengendarai motor, pastikan Anda mengantongi semprotan ini di lokasi yang mudah dijangkau. Dalam kondisi mendesak, semprotkan spray merica ini ke wajah penyerang. Begitu Anda bisa meloloskan diri, segera cari bantuan terdekat.

3. Pakai perlengkapan ini

Selalu gunakan helm standar SNI, jaket, sarung tangan, dan sepatu ketika naik motor. Selain melindungi tubuh dari angin maupun sengatan matahari di siang yang terik, perlengkapan tersebut mampu melindungi tubuh dari serangan begal. Contohnya, helm yang akan melindungi kepada dari pukulan benda tumpul. Selain itu, jaket bisa mengurangi potensi luka terkena benda tajam yang dipakai penyerang.

4. Pilih rute ramai

Pelajari rute yang hendak Anda lewati. Jika sekiranya jalanan tersebut gelap dan sepi, pilihlah rute lain. Soalnya, begal memang biasanya beraksi di jalanan yang jauh dari keramaian dan minim penerangan dari lampu jalan. 

5. Pastikan motor dalam kondisi ‘sehat’

Periksa dulu kondisi motor setiap kali sebelum Anda menggunakannya. Minimal, pastikan bensin masih aman untuk perjalanan, dan ban tidak dalam kondisi kempes atau bocor. Sebab jika di jalan terpaksa menepi karena kehabisan bensin atau harus mendorong motor untuk mencari tukang tambal ban terdekat, Anda berisiko menjadi incaran begal juga.

Selain memperhatikan tips aman di atas, yang juga penting untuk diingat adalah sebisa mungkin tidak menghentikan motor untuk menepi, jika Anda berkendara lewat tengah malam. Kalaupun harus berhenti, cari tempat yang terang dan ramai.

Referensi:

https://www.astramotor.co.id/cara-ampuh-menghindari-begal-saat-berkendara-motor/

https://www.gridoto.com/read/222127836/begini-cara-pintar-untuk-menghindari-aksi-begal-motor-di-jalan

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Wahanahonda Begal Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More