Ini Ban Motor Yang Aman Dipakai Di Musim Hujan

Publikasi: 6 bulan 29 hari 21 jam 41 menit yang lalu

Salah satu bagian motor yang tidak boleh luput dari pemeriksaan sebelum berkendara adalah ban. Bukan hanya soal tekanan angin, tapi juga jenis ban. Contohnya di musim hujan, pemakaian ban yang tidak sesuai, berisiko menimbulkan selip ketika berkendara. Apalagi di tikungan maupun saat berbelok.

Ternyata, ada jenis ban tertentu yang daya cengkramnya minim pada permukaan jalanan beraspal. Hal ini tentu meningkatkan potensi bahaya saat naik motor di musim hujan. Lantas, ban seperti apa yang direkomendasikan ketika berkendara selama musim hujan?

Pilihan ban motor selama musim hujan

Untuk berkendara di musim hujan, Anda disarankan memilih ban dengan Kembangan atau motif rapat, ban yang memiliki teknologi silica, atau malah ban standar. Mengapa begitu? Berikut ini penjelasannya.

1. Ban dengan Kembangan atau motif rapat

Motif pada ban berguna untuk ‘memecah’ air ketika Anda menerjang genangan akibat hujan. Jadi, motor bisa tetap stabil jika melewati genangan dengan aliran yang tidak terlalu deras. Namun saat melihat ada aliran air yang deras, sebaiknya hindarilah, meski motor Anda memiliki ban dengan Kembangan atau motif rapat. Soalnya, ada risiko motor terguling dan akhirnya terseret arus.

Semakin rapat kembangan, maka semakin tinggi kemampuan ban untuk membuang air yang dilalui di jalan. Dengan demikian, daya cengkram ban terhadap aspal pun bertambah kuat.

2. Ban dengan teknologi silica

Ban yang memiliki teknologi silica juga mampu mencengkram permukaan jalan dengan kuat. Oleh karena itu, ban ini dianggap aman digunakan ketika berkendara melalui jalanan yang licin dan basah akibat hujan. Anda pun bisa terhindar dari selip ketika sedang berbelok atau menikung. Yang juga menarik, kehadiran silica ini mampu membuat ban 80% lebih awet!

3. Ban standar

Sebenarnya ini cara yang simple, yaitu dengan tidak mengganti ban alias tetap setia dengan ban standar rekomendasi pabrikan. Sebab, pabrik ban di Indonesia biasanya sudah menyesuaikan produksi dengan kondisi jalanan di sini, termasuk ketika hujan.

Namun, Anda tetap perlu memperhatikan kedalaman kembangan pada ban. Soalnya kalau sudah tipis, ban tetap harus diganti, demi keselamatan berkendara. Pastikan juga ban telah memiliki tekanan angin yang tepat.

Referensi:

https://www.astramotor.co.id/pemilihan-ban-motor-paling-tepat-agar-tak-selip-di-musim-hujan/

https://www.jd.id/news/insight/topik-lainya/tips-memilih-ban-motor-saat-musim-hujan/

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Motor Honda Tips Saat Hujan Wahanahonda Ban Motor Musim Hujan

Comment

User Comment

Your comment

Load More