Wahana Honda

Ini 6 Kelebihan Mengendarai Motor Kopling Dibandingkan Jenis Motor Lainnya, Gak Pakai Ribet!

Publikasi: 10 hari 15 jam 2 menit yang lalu

Motor kopling atau motor manual dikenal sebagai tunggangan yang nyaman bagi pengendaranya. Bahkan untuk perjalanan jauh, banyak yang menyarankan untuk beberapa motor kopling yang sudah terkenal akan kenyamanannya seperti Honda Megapro dan Honda CB400. Motor kopling memang dirancang untuk nyaman dalam perjalanan jauh. 

Walaupun cara mengendarainya lebih susah, hal itu gak akan berarti ketika kamu sudah mahir mengendarainya. Staminamu di motor akan terus terjaga karena kenyamanannya. Kamu juga gak akan segan dengan perjalanan jauh saat mengendarai motor kopling. Selain itu, tampilan postur tubuhmu yang menukik kedepan akan jauh lebih keren daripada mengendarai jenis motor lain. Cewe – cewe pasti akan langsung terkesima ketika lihat kamu bawa motor yang notabene lakik banget ini. Jangan lupa pake helm fullface supaya kesan garangnya tambah nendang. 

Nah, di bawah ini masih banyak lagi kelebihan motor kopling dibandingkan jenis motor lainnya. Mau tau apa saja? 

1. Full control dalam oper gigi

Perpindahan transmisi motormu bisa kamu atur sesuai keinginanmu bro. Pengen sambil geber gas sekencang – kencangnya bisa, pengen dibuat halus juga bisa. Semua tergantung dari seperti apa keinginanmu. Semua ada di kendali yang ada di tangan kirimu. 

2. Oper gigi bisa halus banget.

Beda dengan motor bebek, kadang kita harus memaksakan kaki untuk mengoper gigi walaupun proses perpindahannya berat. Di motor kopling, proses perpindahan gigi akan bisa dibuat sehalus mungkin karena gak terpaut dengan putaran dari mesin, sehingga kondisi gearmu akan selalu terawat dan tahan lama.

3. Engine Brake? Easy Bro!

Engine Brake adalah salah satu teknik untuk memperlambat laju motor dengan memanfaaatkan mesin motor itu sendiri. Teknik ini bisa diaplikasikan dengan mudah kalau kamu menggunakan motor kopling. Kamu tinggal menarik tuas koplingmu dan melepasnya perlahan hingga motormu perlahan melambat. Kamu juga bisa menurunkan gigi terlebih dahulu sebelum melakukan engine brake, dijamin motormu akan melambat tanpa kamu harus menggunakan rem motormu. 

Kenapa engine brake?  Kenapa gak pakai rem aja untuk melambatkan laju motor? Jadi gini, adakalanya kamu akan berkendara di tanjakan dan turunan. Engine brake ini akan meringankan beban rem saat kamu melaju. Karena jika bergantung pada rem saja, temperatur dari kampas rem akan semakin tinggi dan efektifitas pengereman akan turun. Selain itu, konsentrasi pada rem pada waktu yang terlalu lama akan mengurangi kewaspadaanmu dalam berkendara. Maka itu mempelajari teknik engine brake sangatlah penting buat kamu bro.

4. Biaya Perawatan Murah

Percaya atau tidak, ternyata perawatan motor kopling ini sangat murah. Hanya dengan servis rutin dan ganti pelumas, kesehatan dari motor kopling akan selalu terjaga. Beda halnya dengan motor matic yang banyak seperti CVT, roller, belt, dan lagi ada 2 oli yang harus rutin diganti di motor matic. 

5. Perawatan Mudah

Selain murah, motor kopling adalah motor yang perawatannya sangat mudah. Proses untuk ganti oli bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa montir. Selain itu tugasmu hanya membawanya servis ke bengkel selama 2 – 3 bulan sekali. Mudah kan? 

6. Aman dalam berkendara

Selain kenyamanan  dan kemudahan yang ditawarkan, aspek keamanan juga menjadi poin lebih untuk motor dengan transmisi manual. Karena seringkali kita melihat motor matic dan bebek yang melaju tak terkendali saat tidak diinginkan. Hal ini jarang terjadi pada motor kopling, karena ketika kamu ingin mengendarai motor koplingmu, pasti tangan kiri sudah siap menggenggam tuas kopling sebagai kontrol dari motormu. 

Itulah keenam kelebihan motor kopling dibandingkan jenis motor lainnya. Kelebihan tersebut tidak menutupi bahwa motor kopling juga mempunyai kekurangan di volume kendaraan yang lebih besar dan bebannya yang lebih berat. Namun jika dibandingkan dengan kelebihannya, kekurangan tersebut tidak akan ada artinya lagi. Karena menjadikan berkendara jadi lebih nyaman adalah salah satu keunggulan yang mutlak dimiliki oleh motor kopling. 

Label : Honda CB 150 Verza Honda All New CB150R Streetfire Honda Megapro FI Cari Aman Honda CB 150 Verza Honda All New CB150R Streetfire Honda Megapro FI Cari Aman

Comment

Your comment
Load More