Wahana Honda

4 Cara Mengendarai Motor Di Ujian SIM C, Dijamin Lolos!

Publikasi: 2 hari 12 jam 3 menit yang lalu

SIM atau Surat Izin Mengemudi  adalah hal yang harus dimiliki semua pengendara kendaraan bermotor roda dua. Tanpa surat ini pengendara motor dianggap belum layak untuk berkendara di jalan raya. Jika nekat berkendara tanpanya, surat tilang lah yang akan segera menghampirimu.

Cara mengurus SIM C sangat mudah, biayanyapun murah. Jadi gak ada alasan buat kamu untuk gak segera membuat SIM C. Jikapun ada yang susah, paling hanya antrinya aja yang sedikit panjang dan makan waktu lama.

Cobaan terberat mengurus SIM C sebenarnya ada pada ujian teori dan prakteknya. Untuk ujian teori sih kamu bisa cari kisi – kisi soal yang udah tersebar luas di internet. Gunakan google untuk hal itu. 

Yang sedikit membuat kesal itu adalah di ujian praktek. Gak jarang orang harus mengulang karena gagal di ujian praktek. Saya sendiri sempat mengulang untuk ujian praktek karena gagal di percobaan pertama. Tapi jika diperhatikan lagi, sebenarnya caranya cukup mudah. Persiapan peserta ujiannya aja yang kurang. Oleh karenanya, kamu harus tau bagaimana cara mengendarai sepeda motor di ujian SIM C supaya langsung lolos tanpa mengulang. 

1. Yang penting yakin 

Satu hal yang kamu harus tau. Jika kamu udah merasa ragu untuk melalui tes ini, peluangmu untuk berhasil menciut menjadi 20%. Semua hal diawali dari keyakinan bro. Kalo kamu aja ragu – ragu dengan kemampuanmu, siapa yang bakal bantuin kamu lulus ujian sim? Calo? Udah gak jaman bro! 

Bayar calo umumnya bisa 4x lipat daripada kamu ngurus SIM sendiri. Daripada dimasukin kantong calo SIM, mending duitnya kamu tabung buat keperluanmu yang lain.

Intinya kamu harus yakin kamu bisa melaluinya. Ujian praktek SIM tuh gampang brader! Masih jauh lebih susah ujian kehidupan seorang jomblo.

2. Ketahui jenis rintangan dan teknik dasar untuk melaluinya 

Ada berbagai jenis rintangan di ujian praktek SIM C. Diantaranya yaitu Jalur Zig – Zag, Jalur Angka 8, Tes Reaksi Menghindar dan yang terakhir adalah Letter U. Tiap rintangan punya trik sendiri untuk melaluinya. Yang jelas kamu harus terbiasa dulu dengan motor yang akan kamu pakai. Minta waktu sama polisi untuk membiasakanmu dengan motor tersebut. Di beberapa tempat, menggunakan motor sendiri saat ujian SIM juga diperbolehkan. 

• Zig – zag 

Cara mengendarai motor di jalur zig – zag terbilang mudah, pasalnya di jalur ini kamu hanya dituntut untuk luwes dalam melakukan manuver. Bahu dan badan yang luwes akan membantumu melewati rintangan ini. Bukaan gas yang tidak terlalu besar juga diperlukan agar motor tetap seimbang. 

Jika kamu menggunakan motor bebek, gunakan gigi 2 untuk berjalan. Jangan naikkan gigi, jangan pula diturunin. Tujuanya untuk membantu menjaga kestabilan motor supaya bisa melewati rintangan.

Kalau menggunakan motor matic, buka gas perlahan dan jaga gasnya supaya stabil. Jangan terlalu kencang yang penting motor bisa jalan dan seimbang. Cara mengendarai motor matic di ujian SIM akan lebih mudah dengan pengaturan gas yang tepat.

• Angka 8 

Rute angka 8 selalu jadi momok di ujian SIM. Sebagian besar peserta gugur di lintasan ini. Jika sekilas kita lihat memang sepertinya susah. Apalagi ketika akan menjalaninya. Tapi rute ini malah akan jadi sangat gampang jika tau bagaimana trik untuk melakukannya.

Selain butuh keluwesan dalam melakukan manuver, kamu juga harus melakukan trik counter steering di track ini. Apa itu counter steering? Yaitu dengan memposisikan dudukmu di kiri ketika akan berbelok di kanan, dan duduk di sebelah kanan ketika berbelok di kiri. Hanya cukup geser tempat duduk dan kamu akan lebih mudah untuk melewati track ini. 

Gak hanya cukup dengan itu, fokus jadi hal yang penting untuk melewati track ini. Jaga visimu untuk melihat keadaan sekitar, untuk memprediksi kemana motormu akan bergerak dan meliuk. Dengan fokus dan teknik yang benar, track ini gak ada apa – apanya bro. 

• Reaksi Menghindar 

Ini lebih mudah daripada rute angka 8. Yang kamu lakukan adalah fokus dan tidak berkendara terlalu kencang dan lakukan pengereman kaki sembari menunggu lampu menyala. Pilih rute dimana lampu dinyalakan. Dan kamu akan lulus dengan mudah. 

• U turn 

Rute Letter U akan sangat mudah dilalui jika kamu sudah bisa melalui track zig – zag dan angka 8. Jangan lupa lakukan kembali counter steering disaat kamu mulai menikung. 

3. Latihan supaya lebih mulus 

Dari sekian banyak track diatas, ada baiknya jika kamu mengawali persiapan ujian dengan latihan. Coba kamu kendalikan motormu di area yang sedikit luas seperti lapangan di dekat perumahan sekitarmu. Lakukan tips dan trik seperti yang sudah diterangkan di atas. 

Dengan berlatih kamu akan membiasakan dirimu dengan rintangan yang akan kamu hadapi. Sama seperti saat mengendarai matic pertama kali. Saat terbiasa menggunakan motor bebek, kita berlatih menggunakan motor matic dengan tujuan bisa mengendarainya, mahir mengendarainya, tau cara mengendarai motor matic di turunan maupun tanjakan dan hal lain menyangkut mengendarai matic. 

4. Berdoa gak boleh ketinggalan 

Hal yang gak boleh kamu lupakan nih bro. Dalam segala kegiatan, kamu wajib berdoa supaya hasilnya bagus. Begitu juga dengan ujian SIM. Dengan bantuan doa, apapun bisa terjadi. Berhasilnya ujian SIM yang kamu lalui ini juga bisa jadi karena doa. Makanya kamu harus terus mencoba dan jangan lupa untuk berdoa. 

Label : Cari Aman Cari Aman

Comment

Your comment
Load More