Wahana Honda

Ini Akibat Menyiram Air Di Cakram Panas

Publikasi: 10 bulan 20 hari 1 jam 3 menit yang lalu

Rem jadi salah satu bagian yang penting dalam satu rangkaian sepeda motor yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan kamu. Bayangkan saja kalau tidak ada rem, sepeda motor kamu pasti sulit untuk dikendalikan saat berada di jalan raya.

Saat ini rem cakram banyak digunakan di sepeda motor lantaran dianggap lebih unggul dari rem tromol karena pengeremannya bisa lebih maksimal. Selain itu, rem cakram juga lebih cepat dingin dibanding rem tromol. Rem cakram ditaruh di bagian depan karena tumpuan sepeda motor biasanya lebih besar di bagian depan.

Tapi rem cakram ini juga punya kekurangan. Karena rem cakram ini berada di luar jadi rentan terkena debu yang lama-kelamaan bisa merusak cakram. Untuk itu, rem cakram ini memerlukan perawatan agar tetap bisa bekerja maksimal.

Salah satu yang harus kamu perhatikan dari rem cakram adalah jangan menyiramnya dengan air saat rem cakram dalam kondisi panas. Kondisi rem cakram yang panas memang bisa menurunkan performa rem itu sendiri, tapi dengan menyiramnya akan merusak rem cakram. Cara terbaik untuk mendinginkan rem cakram adalah dengan menunggu sampai suhu rem cakram menurun, lalu siram dengan air yang bersih untuk mempercepat proses pendinginan.

Sebaiknya, kamu juga memperhatikan penggunaan rem cakram ini, terlebih saat kamu akan melewati banyak jalan menurun. Jalan yang menurun ini akan membuat rem cakram bekerja lebih keras dan lebih cepat panas. Cakram yang panas ini bisa menurunkan daya cengkram rem. Kamu juga bisa rutin memeriksa kondisi rem cakram kalau sedang melakukan perjalanan jarak jauh dengan kondisi jalan menanjak dan menurun.

Label : Perawatan Motor Perawatan Motor

Comment

Your comment
Load More