Wahana Honda

5 Tips Bikin Motor Matik Awet

Publikasi: 10 bulan 10 hari 18 jam 16 menit yang lalu

Saat ini sepeda motor dengan jenis matik banyak dipilih karena dianggap lebih nyaman dikendarai di jalan raya terlebih dalam kondisi jalanan yang macet. Segala sesuatu yang sering dipakai memang butuh perawatan, tak terkecuali motor matikmu. Perawatan motor matik ini penting dilakukan untuk menjaga performa motor kamu agar tetap prima dan motor matik lebih panjang umur. Berikut ini ada lima tips untuk bikin motor matik awet.

1. Oli

Oli ini penting untuk semua kendaraan termasuk motor matikmu. Untuk itu sebaiknya kamu rutin mengganti oli motor ini setiap kilometer di motor kamu sudah bertambah 1000 km. Mengganti oli mesin ini penting biar performa motor kamu tetap maksimal, dan tidak ada kendala saat berada di jalan raya.

2. Atur Kecepatan

Kemudahan yang ditawarkan motor matik ini kadang membuat pengendaranya terlena dan sering mengganti laju kecepatan secara tiba-tiba. Perubahan kecepatan dari rendah ke tinggi ini bisa membuat mesin motor matik kamu rusak. Jangan sampai kamu harus mengeluarkan dana lebih untuk memperbaiki sparepart yang rusak akibat cara berkendara yang salah.

3. Panaskan Mesin

Biasakan untuk selalu memanaskan mesin motor matikmu sebelum digunakan. Memanaskan mesin motor matik ini sangat berguna untuk menjaga kinerja mesin agar tetap stabil. Panaskan mesin motor matik selama 5-10 menit setiap harinya, dan biasakan untuk selalu menggunakan starter kick saat menyalakan mesin motor matikmu.

4. Periksa Aki dan Busi

Aki ini penting untuk kamu periksa, jangan sampai motor kamu mogok ditengah jalan karena aki motor matikmu sudah tidak bagus. Setelah memeriksa kondisi aki, sebaiknya kamu memeriksa kondisi busi motormu. Busi yang karat atau kotor pasti akan mengganggu kenyamanan kamu saat berkendara karena proses pembakaran dalam mesin terganggu.

5. Periksa Belt

Motor matik ini menggunakan belt sebagai penggerak, untuk itu kamu perlu melakukan pengecekan venbelt secara rutin. Apakah venbelt di motor matikmu ini masih aman untuk dipakai, jangan sampai venbelt mengalami kerusakan dan terputus saat motor kamu sedang melaju di jalan raya.

Membuat motor matik lebih awet tentunya membutuhkan usaha dengan melakukan pengecekan secara rutin. Untuk itu, luangkan waktu kamu sedikit saja untuk memeriksa kondisi motor matikmu. Menjaga performa motor tetap maksimal, pastinya bisa membuat kamu lebih nyaman dan aman berkendara.

Label : AHASS Service Motor Perawatan Motor Cari Aman

Comment

Your comment
Load More