Ini Cara ‘Membaca’ Bahaya Yang Harus Dimiliki Pengendara Motor

Publikasi: 6 bulan 7 hari 1 jam 16 menit yang lalu

Mengendarai motor tidak hanya membutuhkan keterampilan dalam hal memutar gas, melakukan pengereman dengan tepat, maupun mengoper gigi dan bermanuver. Memprediksi bahaya pun merupakan kemampuan yang tidak boleh absen dari seorang pengendara motor.

Bahkan, memprediksi bahaya ternyata menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang biker. Bagaimana cara melatih kemampuan yang satu ini?

Cara berlatih memprediksi bahaya saat naik motor

Dalam mengendarai motor, ada tiga siklus yang terjadi, yaitu identifikasi, pengambilan keputusan, serta mengimplementasikan keputusan tersebut. Ketiganya terjadi secara berulang. Dari ketiganya, kesalahan pengendara motor pada tahap identifikasi lah yang kerap memicu kecelakaan.

Oleh karena itu, peningkatan kemampuan dalam memprediksi bahaya harus dilakukan, demi menekan potensi terjadinya kecelakaan di jalan. Anda dapat meningkatkannya dengan cara berikut ini.

1. Menjaga fokus selama berkendara

Kemampuan memprediksi bahaya berkaitan erat dengan fokus pengendara. Oleh karena itu, hindarilah mengendarai motor dalam keadaan mengantuk, di bawah pengaruh minuman beralkohol, efek samping obat, maupun sembari menggunakan ponsel. Sebab ketika fokus turun karena hal-hal tersebut, kemampuan dalam memprediksi bahaya pun juga menipis.

2. Memikirkan skenario terburuk

Danger prediction atau kemampuan memprediksi bahaya dapat dilatih dengan mempelajari sederet kemungkinan dan dampaknya yang bisa Anda alami ketika sedang mengendarai motor. Sebut saja kendaraan yang berhenti mendadak di depan, hewan-hewan yang tiba-tiba menyeberang, maupun jalanan yang menikung tajam.

Pentingnya kemampuan memprediksi bahaya di jalan

Ada beberapa pilihan untuk mempelajari kemampuan memprediksi bahaya sebagai pengendara motor. Anda bisa mengasah keterampilan ini melalui learning-by-doing alias pengalaman langsung, maupun membacanya dari berbagai referensi.

Yang terpenting adalah mulai mempelajarinya. Sebab, ada berbagai faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yang berpotensi Anda temui di kemudian hari. Namun, faktor manusialah yang berkontribusi paling besar terhadap kecelakaan.

Apalagi, jalan raya di Indonesia identik dengan kepadatan dan perilaku para pengendaranya yang masih belum mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kedisiplinan. Pada akhirnya, Anda sebagai pengendara yang sadar akan keselamatan berkendara, tetap harus memprediksi bahaya yang bisa muncul dari para pengguna jalan lain juga.

Referensi:

https://www.gridoto.com/read/222999432/cegah-kecelakaan-pemotor-harus-tingkatkan-kemampuan-prediksi-bahaya?page=all

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/28/092200315/danger-prediction-keahlian-yang-belum-dikuasai-semua-pengendara-motor

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Berkendara Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More