Walau Musim Hujan, Tetap Pakai Sepatu Untuk Naik Motor

Publikasi: 9 bulan 2 hari 8 jam 5 menit yang lalu

Mengendarai motor di musim hujan tak jarang membuat segan untuk memakai sepatu. Mulai dari enggan membersihkan sepatu yang terkena air hujan maupun lumpur di jalan, hingga karena alasan kepraktisan. Akhirnya, sandal pun jadi pilihan waktu harus naik motor menerjang hujan.

Padahal, pengendara motor disarankan tetap mengenakan sepatu, meski lagi hujan-hujanan. Walaupun terasa tidak nyaman, tetapi cara ini mampu membuat Anda lebih aman di jalan, lho!

Hindari sandal di waktu hujan, demi keamanan

Di samping alasan keselamatan, faktor kesehatan juga harus dipikirkan sebelum memutuskan memakai sandal untuk naik motor di waktu hujan. Berikut ini alasan sebaiknya Anda tidak mengenakan sandal sebagai alas kaki untuk hujan-hujanan sembari mengendarai motor.

1. Meningkatkan risiko cedera

Memang hingga saat ini tidak ada aturan tertulis yang mewajibkan pengendara motor untuk selalu memakai sepatu ketika hujan turun. Namun, tentu saja memakai sepatu terutama yang bisa hingga menutupi area mata kaki, dapat memberikan perlindungan lebih ketika pengendara sampai harus terlibat kecelakaan di jalan.

Dengan mengenakan sepatu, risiko cedera pun jadi lebih rendah, dibandingkan jika hanya memakai sandal. Sebab, sandal tidak dapat menutup seluruh bagian telapak kaki, tempurung kaki, maupun pergelangan dan mata kaki.

2. Rawan terpapar kuman dan bakteri

Ingat, air hujan dan genangan yang ada di jalanan, bukanlah air bersih. Jadi, apabila kaki tidak terlindungi sepatu, dan langsung terkena air tersebut, potensi paparan kuman dan bakteri pun menjadi meningkat. Belum lagi jika ada serpihan kaca maupun benda lain di jalan yang terbawa air dan akhirnya ‘tersangkut’ di kaki serta menyebabkan luka.

Apabila mengkhawatirkan sepatu kesayangan akan menjadi kotor dan lembap karena terkena hujan waktu naik motor, Anda bisa memakai sarung sepatu. Dengan sarung ini, tak perlu cemas sepatu Anda jadi belepotan ketika sudah sampai tujuan.

Sarung sepatu yang dibuat dari bahan karet alias rubber ini memiliki berbagai warna menarik sesuai pilihan hati. Anda bisa membelinya dari toko-toko online, dengan harga yang relatif terjangkau di kantong. Jadi, tak perlu was-was lagi ya, untuk memakai sepatu saat naik motor di musim hujan!

Referensi:

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/14/091200015/lebih-baik-sepatu-basah-daripada-naik-motor-tanpa-alas-kaki

https://www.motorplus-online.com/read/251969896/larangan-keras-pengamat-safety-riding-naik-motor-saat-hujan-pakai-sandal-jepit-kenapa?page=all

https://www.motorplus-online.com/read/251281340/sarung-sepatu-keren-ini-bikin-nyaman-naik-motor-sambil-ujan-ujanan?page=all

Label : Wahana Makmur Sejati Tips Motor Honda Musim Hujan

Comment

User Comment

Your comment

Load More