Wahana Honda

Ini Dia 4 Tips Modifikasi Motor Touring

Publikasi: 4 bulan 18 hari 2 jam 33 menit yang lalu

Hobi berkendara ke tempat-tempat favorit dengan jarak puluhan kilometer merupakan kegiatan yang digemari banyak biker. Tak ayal kegiatan touring semacam ini sudah menjadi agenda para pencinta sepeda motor di tanah air. Jika kamu mengaku sebagai biker sejati, pastinya sering dong melakukan touring. Touring biasanya dilakukan oleh komunitas sepeda motor untuk mengisi kegiatan dan mempererat persaudaraan antar anggota. Untuk memperlancar kegiatan touringmu, motor adalah faktor penting yang harus diperhatikan.

Sepeda motor menjadi hal pokok yang wajib kamu perhatikan. Para biker ini biasanya melakukan modifikasi di beberapa bagian motor untuk menunjang aktivitas touring. Lantas apa saja yang harus kamu perhatikan ketika akan memodifikasi sepeda motor touring? Yuk, kita simak ulasannya di bawah ini.

  1. Mengganti ban motor
    Ban motor menjadi komponen penting yang harus diperhatikan dalam memodifikasi motor. Jarak tempuh kendaraan yang jauh dengan berbagai macam medan membutuhkan motor dengan ban yang mumpuni. Demi keamanan dan kenyamanan saat touring, sebaiknya gantilah ban sepeda motor kamu dengan ban tubeless. Jenis ban ini sangat tangguh untuk menerjang jalanan yang terjal. Ban tubeless memiliki kelebihan anti bocor sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan soal ban.
    Pilihlah ban dengan relief tebal untuk mengantisipasi motor saat menerjang jalanan terjal.  Ban relief tebal dapat mencengkeram aspal atau bebatuan kerikil ke tanah sehingga meminimalkan risiko ban slip.

  2. Menambah busa jok
    Kenyamanan berkendara memang harus selalu diutamakan, apalagi kegiatan touring mengharuskan kita duduk selama berjam-jam. Nah, salah satu kenyamanan berkendara terletak pada jok motor. Jok motor yang nyaman akan membuat posisi duduk kamu menjadi lebih rileks serta badan jadi tidak mudah pegal ataupun lelah. Oleh karena itu, kamu bisa menambah busa pada jok sehingga terasa lebih empuk.

  3. Memasang box pada motor
    Sebagian besar masalah bagi para biker ketika touring adalah barang bawaan. Meski sudah membawa barang-barang yang penting saja, tapi faktanya tetap saja sebagian besar orang masih merasa kerepotan. Untuk mengakomodasi barang bawaan yang banyak, sebaiknya pasang ekstra box. Ada dua model box yang dapat kamu pasang di motor touring kesayanganmu, yaitu box model top dan side. Model box top ini dipasang pada bagian belakang motor, sedangkan model side dipasang pada sisi kiri dan kanan motor.
    Dalam memilih box, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan porsi kendaraan agar motor kamu tetap terlihat proposional dan tidak overload jika harus membawa barang penuh. Ekstra box ini biasanya digunakan untuk menyimpan jas hujan, tool kit, sepatu dan lain-lain.

  4. Ganti velg motor
    Sama halnya dengan ban motor, velg mempunyai fungsi yang penting dalam kendaraanmu. Namun, perlu diketahui bahwa velg sepeda motor mempunyai kualitas yang berbeda-beda nih, guys! Nah, kualitas yang bagus ini tentunya dibanderol dengan harga yang lebih mahal pula. Jadi, kalau kamu ingin touring, sebaiknya ganti velg motormu dengan velg berkualitas bagus. Velg berkualitas memiliki material yang kuat sehingga kondisinya masih tetap prima meskipun menerjang jalan berlubang.

Itu dia empat tips memodifikasi motor kesayanganmu untuk mendukung kegiatan touring. Perlu kita ketahui nih, memodifikasi sepeda motor sah-sah saja, asal kita para rider selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Semoga tips ini bermanfaat ya!


Label : Touring Touring

Comment

Your comment
Load More