Wahana Honda

Tips Memilih Motor Untuk Berkendara Jarak Jauh

Publikasi: 4 bulan 18 hari 19 jam 9 menit yang lalu

Sepeda motor memiliki kelebihan yang lebih fleksibel dibandingkan dengan jenis kendaraan lain. Tak ayal jika banyak di antara kita memilih sepeda motor sebagai alat transportasi sehari-hari. Sepeda motor ternyata banyak difavoritkan oleh masyarakat dari berbagai usia dan kalangan. Seseorang yang kerap menggunakan motor untuk melakukan berbagai aktivitas adalah biker.

Biker tentunya sudah memiliki pengalaman berkendara yang cukup baik. Dengan pengalaman yang dimiliki, tentunya jarak jauh bukan menjadi halangan lagi. Namun, apakah mudah pula dengan sepeda motor yang dipilih untuk menempuh jarak jauh?  Perlu diketahui, ternyata ada beberapa kriteria sepeda motor yang cocok sekali untuk dipakai jarak jauh. Hal ini perlu diperhatikan karena salah memilih motor akan membuat perjalananmu terhambat. Nggak usah bingung, berikut ini tips memilih motor untuk berkendara jarak jauh.  

  1. Irit bahan bakar
    Memilih kendaraan untuk jarak jauh, bahan bakar mejadi hal utama yang harus diperhatikan. Jarak yang jauh akan mengonsumsi bahan bakar lebih banyak sehingga akan berpengaruh pada anggaran kamu. Saat ini berbagai motor hadir dengan teknologi hemat bahan bakar. Untuk kendaraan Honda sendiri, kamu bisa memilih motor yang dibekali PGM – FI (Programmed – Fuel Injection). Teknologi hemat bahan bakar dari motor-motor terbaru diklaim dapat menghemat konsumsi bahan bakar sebanyak 20%. Jadi, selain akan menghemat anggaran, para biker juga tidak perlu bolak-balik ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar.

  2. Volume tangki yang besar
    Setelah bahan bakar irit, kamu juga harus memperhatikan volume tangki. Untuk perjalanan jauh, rasanya memang sangat tidak efisien jika kita harus bolak-balik ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar.  Hal tersebut hanya akan menyita banyak waktu yang otomatis memperlambat perjalananmu. Volume tangki yang besar akan memberikan keuntungan bagi motormu untuk melaju tanpa harus mampir-mampir lagi ke pom bensin.

  3. Perhatikan posisi berkendara
    Memilih sepeda motor untuk jarak jauh juga perlu memperhatikan posisi jok dengan stang. Posisi duduk sangat memengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Jika kamu akan melakukan perjalanan jarak jauh, sebaiknya hindari motor dengan posisi berkendara yang terlalu membungkuk. Posisi membungkuk dalam waktu yang cukup lama akan membuat badan kamu terasa pegal, cepat lelah, dan kepala pusing. Pilihlah motor dengan posisi duduk yang sempurna karena akan menjaga peredaran darah di dalam tubuh tetap lancar meskipun melakukan perjalanan jarak jauh.

  4. Ukuran ban
    Ukuran ban penting untuk dipertimbangkan karena putaran ban serta daya cengkeram ke aspal sangat ditentukan oleh ukuran ban itu sendiri. Pilihlah motor dengan ukuran ban besar, yaitu 17 inci. Ukuran ban yang besar ini relatif lebih aman ketika kamu menjumpai jalanan yang terjal. Dengan ukuran ban yang besar maka jalan terjal dapat dilalui dengan lancar tanpa khawatir ban akan slip.


Itu dia tips sederhana yang bisa kamu lakukan dalam memilih sepeda motor untuk berkendara jarak jauh. Tentunya perjalanan jarak jauh berbeda dengan perjaalanan rutin harian sehingga pemilihan kendaraannya perlu diperhatikan secara detail, guys!  


Label : Touring Touring

Comment

Your comment
Load More