Ini Lho Jenis-jenis Bohlam Lampu Motor, Jangan Salah Pilih!

Publikasi: 4 bulan 13 hari 18 jam 51 menit yang lalu

Lampu motor berperan penting dalam keselamatan berkendara, terutama di malam hari. Letak dan fungsinya di motor kesayangan Anda pun berbeda-beda satu dengan lainnya. Misalnya, ada lampu depan alias headlamp, lampu sein, lampu rem, hingga lampu jauh. Bahkan, ada juga lampu pelat nomor dan lampu speedometer sebagai panel instrument.

Dengan masing-masing fungsi lampu pada motor tersebut, penting bagi Anda untuk memahani jenis lampu bohlam pada kendaraan kesayangan. Jadi kalau sewaktu-waktu harus membelinya, Anda tidak akan salah pilih. 

5 tipe atau jenis bohlam lampu motor

Seperti disebutkan sebelumnya, motor dilengkapi dengan lampu depan, lampu sein, lampu jauh dan pelat nomor, serta lampu speedometer. Berikut ini spesifikasi dari setiap fungsi lampu tersebut.

1. Lampu depan

Lampu depan atau headlamp pada motor ini berfungsi memberikan penerangan utama. Headlamp biasanya memiliki soket tipe M4/H6 dengan 2 kaki untuk motor bebek maupun matic. Meski begitu, ada beberapa motor bebek atau matic dengan soket 3 kaki seperti motor sport. Sementara itu, headlamp motor sport menggunakan tipe soket HS1/H4/H7.

2. Lampu sein

Lampu sein tertelak di samping kiri dan kanan lampu utama serta lampu rem. Biasanya, lampu sein untuk motor bebek, matic, maupun sport memiliki soket tipe T10. Jenis yang satu ini juga dikenal sebagai model tancap. Namun, ada juga yang menggunakan soket bayonet kaki satu.

3. Lampu rem

Lampu rem ternyata juga berfungsi sebagai lampu senja yang menyala lebih terang ketika Anda menekan tuas rem. Untuk lampu rem, soket yang umum digunakan mempunyai tipe bayonet kaki dua atau S25. Meski demikian, beberapa motor yang memiliki lampu rem kombinasi biasanya memakai soket tipe T10.

4. Lampu jauh dan pelat nomor

Sebelum berkendara di malam hari, selalu pastikan lampu bagian ini berfungsi dengan baik. Sebab, lampu jauh dan lampu motor memegang peran penting dalam sebagai penanda kendaraan ketika Anda berkendara di kegelapan. Untuk lampu ini, soket yang dipakai adalah model tancap T10.

5. Lampu speedometer

Terakhir, yaitu lampu speedometer atau lampu panel instrumen. Pada bagian ini digunakan lampu soket tancap, yaitu tipe T5 dan T10.

Nah, sekarang silakan periksa lampu-lampu motor kesayangan Anda. Jika perlu diganti, Anda tidak akan salah pilih lagi!

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222791210/jangan-salah-beli-pahami-jenis-dan-tipe-bohlam-lampu-di-motor?page=all

https://www.astramotor.co.id/pentingnya-penggunaan-lampu-sein-untuk-keselamatan-pengendara/

Label : Cari Aman Safety Riding Lampu Motor Headlamp

Comment

User Comment

Your comment

Load More