Kenapa Akselerasi Motor Matic Jadi Delay?

Publikasi: 2 tahun 7 bulan 21 hari 18 jam 43 menit yang lalu

Pernah merasa jengkel karena tarikan motor matic terasa lambat atau delay? Biasanya, kondisi ini memang terjadi karena usia pemakaian motor. Usia pemakaian ya, bukan usia pemakainya! Nah, tapi tentu saja hal ini ada penyebabnya.

Kalau Anda merasakan motor matic ngeden, apalagi pada tarikan awal, ada beberapa hal yang harus diwaspadai. Biasanya, ada tiga penyebabnya. Sebagai clue, penyebabnya berhubungan dengan CVT dan kabel gas. Nah, apakah Anda sudah rutin memeriksa bagian tersebut selama ini?

4 penyebab akselerasi motor matic ngeden

Tersangka utama yang membuat tarikan motor matic di awal jadi berat adalah kondisi di CVT. Perhatikan empat hal ini, ya!

1. Kondisi roller

Kondisi roller yang sudah tidak sempurna, misalnya telah penyok, membuat performa pulley kurang responsif. Karena bukaannya telat, akselerasi atau tarikan di awal pun akhirnya terasa lambat. Efek lain dari penyoknya roller adalah suara berdengung dari CVT.

2. Kondisi per CVT

Penyebab selanjutnya yang membuat tarikan motor matic kesayangan Anda jadi delay adalah lemahnya per CVT. Memang, per CVT sebenarnya termasuk komponen yang kuat. Namun seiring bertambahnya usia motor, tentu saja diperlukan penggantian dengan yang baru. Terlebih, jika Anda sudah sering merasakan tarikan yang lama.

3. Kondisi v-belt

Komponen yang juga harus Anda perhatikan adalah v-belt. Kalau v-belt ternyata sudah retak atau molor, akselerasi motor pun bisa kena imbasnya. Nah, penggantian v-belt bisa masuk daftar prioritas. Soalnya kalau dibiarkan, penyakit ini bisa menular ke bagian lain pada motor. 

4. Jarak bebas kabel gas

Sebaiknya Anda tidak terlalu sering mengubah jarak bebas pada kabel gas. Jadi, pastikan jarak bebas alias freeplaynya sesuai standar. Yaitu pada kisaran 2-6 mm dari posisi terkencangnya, untuk motor Honda. Selain itu, selalu cek kondisi kabel gas sebelum Anda berkendara. Caranya, dengan memainkan handle gas sebelum menyalakan mesin. Yang juga penting untuk diingat, hindari menyemprotkan air ke dalam handle maupun kabel gas.

Apabila Anda membutuhkan bantuan untuk memeriksa kondisi motor matic kesayangan, tak ada salahnya untuk mengunjungi bengkel resmi. Pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, ya!

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222790120/ini-tiga-penyebab-akselerasi-motor-matic-mulai-loyo-atau-lemot

https://www.otosia.com/berita/agar-tarikan-motor-tetap-enteng-lakukan-hal-ini-pada-kabel-gas.html

Matic Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda CVT Motor Roller Motor Matic V-Belt

Berita Terkait