Ini Resiko Matikan Motor Dengan Standar Samping

Publikasi: 8 bulan 2 hari 1 jam 37 menit yang lalu

Jangan sering-sering menggunakan standar samping untuk mematikan mesin motor matic, karena akibatnya bisa bikin kamu kaget. Dalam sejarahnya, kelahiran motor matic tidak memiliki fitur standar samping,  di mana saat turun mesin motor  bisa langsung mati.

Namun berkembangnya teknologi semua motor matic sekarang sudah memakai teknologi tersebut. Untuk lebih aman,  sebetulnya saat meninggalkan motor dalam kondisi standby mati. Sebelum teknologi ini ada,  banyak pemilik motor matic yang meninggalkan motornya dalam keadaan mesin menyala.

Dan itu sangat membahayakan karena jika ada anak yang iseng maka motor  bisa langsung terpental. Melalui fitur Side stand switch, mesin motor akan mati jika standar samping diturunkan.

Pada bagian pangkal standar dihubungkan dengan engine control unit (ECU) untuk memutus sistem pengapian secara otomatis. Namun, berkat kecanggihan teknologi ini, banyak pengguna motor yang justru mematikan mesin dengan menegakkan standar samping dan  bukan memutar kunci kontak.

Pada dasarnya tidak masalah, namun ada potensi membuat aki soak. Jadi saat standar samping diturunkan, kunci kontak harus segera langsung dimatikan. Karena pada saat mesin mati dengan menggunakan standar samping , kelistrikan motor tetap menyala.

Nah jika terlalu lama dibiarkan menggunakan cara ini aki akan cepat tekor. Terlebih, jika motor belum menggunakan lampu LED, dijamin  pasti akan lebih ceoat membuat aki tekor.

Ini juga sama halnya jika kita mematikan mesin menggunakan switch cut off yang ada di stang motor sport. Kalau kunci kontaknya tidak di off, pasti baterai soak.

Jadi jika bikers ingin meninggalkan motor sebaiknya  diingat-ingat  untuk  langsung menggunakan kunci kontak dan mematikannya. Atau lebih baik lagi langsung mengunci stang motor , pastikan motor benar-benar dalam kondisi mati.

Cari Aman Safety Riding #hondacare Tips Motor Motor Matic

Berita Terkait

Jangan Biarkan Velg Motor Penyok

26 Februari 2024 - administrator

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

19 Februari 2024 - administrator