Ini Tips Aman Naik Motor Buat Hijabers

Publikasi: 6 bulan 20 jam 26 menit yang lalu

Sepeda motor kini menjadi pilihan moda transportasi bagi semua kalangan, tak terkecuali wanita. Memakai hijab pun bukan menjadi penghalang untuk mengendarai motor. Namun, ada tips aman yang penting untuk dipahami dan dilakukan oleh hijabers ketika naik motor sebagai pengendara.

Kalau gebetan Anda juga ternyata juga naik motor untuk beraktivitas sehari-hari, ini saat yang tepat untuk membaca tips aman berikut bersama-sama. Apa saja ya, yang penting dilakukan hijabers ketika naik motor sebagai pengendara?

Cara aman bagi hijabers untuk naik motor

Hijabers direkomendasikan untuk naik motor skutik, jika memang memilih untuk mengendarai motor. Sebab, motor jenis ini memiliki dek rata yang memudahkan wanita berhijab untuk menaiki dan mengendarainya. Selain itu, skutik dilengkapi cover depan yang menjadikannya mampu mengurangi terpaan angin dari bagian bawah.

Lebih lanjut, ini dia rekomendasi cara aman mengendarai motor bagi hijabers.

1. Rajin melihat ke spion

Cara aman pertama adalah dengan rajin melihat spion. Dengan sering memantau keadaan lewat spion, kondisi hijab atau baju panjang yang menjuntai dan berpotensi membahayakan, bisa segera dirapikan. Sebab, pakaian yang berkibar panjang ke bawah, berisiko terlilit di roda maupun bagian lain pada motor. 

2. Posisikan tangan dan kaki dalam keadaan aman serta nyaman

Selanjutnya, posisikan tangan dan kaki pada posisi yang aman serta nyaman untuk mengendarai motor. Pastikan tangan dan kaki tetap rileks tapi bisa responsif ketika mengemudi. Jangan lupa untuk memakai sepatu yang kuat serta nyaman, serta sarung tangan.

3. Pastikan lampu sen dan rem bisa terlihat orang lain

Pastikan pakaian tidak menutupi lampu sen maupun lampu rem di bagian belakang. Kalau sampai pengguna jalan lain tidak bisa melihat lampu sen atau lampu rem yang menyala, tentu sangat berbahaya. Oleh karena itu sebelum berkendara, rapikan dulu baju yang dipakai, terlebih kalau mengenakan pakaian panjang, agar tidak menjuntai hingga ke bagian belakang motor.

4. Tetap memakai safety gear

Berhijab bukanlah alasan untuk mengabaikan perlengkapan keselamatan berkendara, termasuk helm standar SNI. Pilihlah helm yang sedikit longgar, agar terasa nyaman ketika digunakan.

Selain empat tips di atas, sebaiknya hijabers tidak memacu motor dalam kecepatan tinggi. Soalnya kalau kebut-kebutan, angin berpotensi membuat pakaian berkibar dan malah berbahaya.

Referensi:

https://review.bukalapak.com/auto/kamu-hijabers-perhatikan-3-tips-berikut-agar-makin-aman-saat-mengendarai-motor-64218

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/13/184000115/tips-aman-naik-motor-buat-wanita-berhijab-jangan-sampai-nyangkut-di-gir

Label : Naik Motor Hijabers Bermotor Hijabers

Comment

User Comment

Your comment

Load More