Ketika Terjadi Gempa Waktu Naik Motor, Harus Bagaimana?

Publikasi: 7 hari 7 jam 27 menit yang lalu

Gempa bumi tentu saja merupakan bencana alam yang tidak pernah kita harapkan. Namun, karena kita tinggal di negara kepulauan, yang kerap mengalami kejadian tersebut, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan ketika terjadi gempa bumi saat mengendarai motor di tengah jalan.

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah mewaspadai kondisi di sekitar Anda. Apabila melihat tanda-tanda gempa bumi, misalnya orang-orang yang berlarian keluar ke jalan, segera menepi dan turun dari motor. Selanjutnya, ikuti panduan berikut ini.

Panduan aman ketika terjadi gempa bumi selama perjalanan

Ketika Anda merasakan guncangan dan mencurigainya sebagai gempa bumi, menepilah dan hentikan perjalanan. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan berikutnya.

1. Jauhi kendaraan besar

Setelah mencurigai atau menyadari terjadinya gempa bumi, hindarilah kendaraan berukuran besar seperti truk maupun bus. Hal ini bertujuan menghindarkan Anda dari risiko tertimpa muatan yang dibawanya, atau malah kendaraan itu sendiri. Selain itu, hindarilah tiang listrik, pohon besar, maupun baliho yang juga berpotensi roboh akibat gempa bumi.

2. Kurangi kecepatan

Apabila tidak memungkinkan bagi Anda untuk segera menepi dan turun dari motor, maka kurangilah kecepatan berkendara hingga 10-20 kilometer per jam. Kemudian, carilah lahan atau tanah lapang yang aman untuk berhenti.

3. Tidak berhenti mendadak atau malah ngebut

Meski berusaha mencari tempat aman, jangan berhenti mendadak. Sebab, hal ini berisiko menimbulkan kecelakaan bagi Anda dan orang-orang lain di sekitar. Jangan pula memacu gas dan ngebut waktu terjadi gempa. Soalnya, guncangan akibat gempa bumi berisiko membuat motor semakin tidak stabil, dan malah berpotensi membuat Anda terpelanting.

4. Rebahkan motor

Begitu mendapatkan area aman untuk berhenti, segera rebahkan motor. Jangan parkirkan motor dengan standar ganda maupun standar samping. Dalam posisi ini, motor bisa terjatuh dan mencelakai Anda dan orang lain yang ada di dekatnya. 

Yang pertama harus Anda ingat ketika mengalami gempa bumi saat naik motor di jalan adalah berusaha sebisa mungkin agar tetap tenang dan tidak panik. Jangan memaksakan diri untuk tetap berkendara. Apabila tidak memungkinkan bagi Anda untuk menyelamatkan motor karena guncangan gempa yang kuat, tinggalkan motor dan selamatkan diri dengan berjalan kaki.

Referensi:

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/16/171200615/lakukan-ini-saat-mengendarai-motor-dan-terjadi-gempa

https://review.bukalapak.com/auto/tips-selamat-dari-gempa-bumi-ketika-naik-motor-60909

Label : Cari Aman Safety Riding Wahanahonda Gempa Bumi

Comment

User Comment

Your comment

Load More