Ini Tips Aman Naik Motor Setelah Hujan Deras Mengguyur

Publikasi: 5 bulan 9 hari 22 jam 10 menit yang lalu

Belakangan, hujan deras sudah seperti menu sehari-hari. Ada baiknya Anda menepi sejenak dan menunggu sampai hujan mulai reda. Sebab mesti telah mengenakan perlengkapan berkendara seperti jas hujan sekalipun, naik motor di bawah guyuran hujan deras, tetaplah berisiko.

Sebab, selain jalanan yang menjadi ekstra licin, jarak pandang pun akhirnya terbatas, ketika hujan turun dengan derasnya. Oleh karena itu, carilah tempat aman untuk berteduh dan tunggulah ketika hujan sudah reda, sebelum Anda memutuskan untuk melanjutkan berkendara.

Potensi bahaya yang harus diwaspadai setelah hujan reda

Ketika hujan telah reda dan Anda bersiap kembali mengendarai motor, bukan berarti jalanan sudah aman seratus persen. Tetap ada hal-hal yang harus Anda waspadai, seperti berikut ini. 

1. Jalanan yang kosong

Hujan yang baru saja reda, berpotensi meninggalkan jalanan dalam kondisi lengang. Jangan jadikan kondisi ini sebagai alasan untuk memacu motor dalam kecepatan tinggi, dengan harapan menghindari kemungkinan hujan berikutnya, maupun agar lebih cepat sampai ke tujuan Anda. Ingat, jalanan masih dalam kondisi licin. Selain itu, kebut-kebutan pun akan membahayakan diri sendiri maupun para pengguna jalan lainnya. 

2. Kerikil dan serpihan bahan konstruksi

Setelah hujan deras berhenti, yang tak boleh luput dari kewaspadaan Anda adalah kerikil. Meski berukuran kecil, kerikil bisa mendatangkan bahaya, terlebih jika pengendara motor tidak menguasai teknik pengereman yang tepat pada tikungan maupun turunan. Selain kerikil, serpihan bahan konstruksi bangunan pun berpotensi menimbulkan bahaya sesudah hujan deras berhenti mengguyur jalanan.

3. Genangan air

Hujan deras yang sudah berhenti, akan menyisakan genangan air di berbagai lokasi jalanan. Tak semuanya bisa surut dalam waktu singkat. Memprediksi kedalaman lubang jalan yang tertutup genangan air pun bukan perkara mudah. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari genangan air dan tidak menggunakan kecepatan tinggi.

4. Orang atau hewan yang menyeberang

Ketika hujan sudah reda, aktivitas di sekitar jalan pun mulai berangsur pulih. Begitu pulang dengan orang-orang yang semula hendak menyeberang jalan. Pada ruas jalan yang tidak dilengkapi dengan zebra cross maupun jembatan penyeberangan orang (JPO), Anda harus lebih berhati-hari. Tak hanya orang, Anda wajib mewaspadai hewan seperti kucing yang bisa tiba-tiba menyeberang di depan.

Nah, ternyata kondisi jalanan setelah hujan reda, tetap harus diwaspadai, ya! Hindari kebut-kebutan!

Referensi:

https://sumut.idntimes.com/automotive/motorbike/arifin-alamudi/4-hal-yang-perlu-diwaspada-saat-berkendara-setelah-hujan-deras/4

https://oto.detik.com/tips-and-tricks-motor/d-5284451/tak-aman-naik-motor-saat-hujan-deras-lalu-jas-hujan-buat-apa

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Saat Hujan Naik Motor Musim Hujan

Comment

User Comment

Your comment

Load More