Ini Trik Aman Ngerem Mendadak Di Motor Matic

Publikasi: 2 bulan 7 hari 6 jam 15 menit yang lalu

Pengereman adalah salah satu teknik yang harus dikuasai pengendara sepeda motor. Dengan melakukan cara yang benar, keselamatan Anda dan pengguna jalan lain pun terjaga. Pada motor bebek dan motor sport, pengereman dilakukan dengan tangan serta kaki. Sementara itu, lain halnya dengan motor matic.

Untuk motor matic, pengereman dilakukan melalui tangan. Apabila tak terbiasa mengendarai motor matik, melakukan pengereman, termasuk dalam kondisi mendadak, bisa bikin keder. Namun, ada trik yang bisa Anda lakukan.

Cara melakukan rem mendadak dengan motor matic

Ketika menemui kondisi tak terduga seperti jalanan basah, menghindari kendaraan yang mengalami gangguan di depan, hingga tabrakan beruntun misalnya, Anda harus sigap bermanuver atau melakukan pengereman mendadak.

Saat mengendarai motor matic, pahami dan ikuti langkah-langkah aman berikut ini. 

1. Tidak menarik rem terlalu keras

Hal pertama yang harus diingat ketika ingin melakukan rem mendadak saat berkendara menggunakan motor matic adalah dengan tidak menarik tuas rem terlalu keras. Soalnya kalau menarik tuas rem terlalu dalam, ban malah bisa terkunci, dan akhirnya menyebabkan Anda tergelincir. Jadi, Anda sebaiknya ‘memainkan’ tuas rem, yait dengan menarik-mengendurkannya bergantian secara intens.

2. Dahulukan rem depan

Dalam kondisi darurat sebelum Anda mengerem mendadak, dahulukan penggunaan rem depan. Namun tentu saja, tetap diikuti dengan pemakaian rem belakang. Jadi, proses pengereman bisa seimbang.

3. Pastikan motor lurus

Langkah aman berikutnya adalah dengan memastikan posisi motor tetap lurus saat hendak mengerem mendadak. Usahakan motor tetap lurus dan tidak menikung, agar Anda tetap aman dan tidak tergelincir.

Selalu pakai safety gear

Meski sudah mengantisipasi dengan melakukan teknik pengereman mendadak yang aman, risiko kecelakaan selalu ada. Oleh karena itu, selalu gunakan safety gear ke mana pun Anda berkendara. Sebab, tidak ada yang pernah bisa memprediksi kondisi di jalanan.

Yang harus Anda gunakan adalah helm standar SNI, jaket, serta sepatu. Dalam kondisi hujan, selalu siapkan mantel hujan model setelan. Hindari yang bermodel ponco, karena malah bisa membahayakan Anda selama di jalan. Misalnya, ketika berkibar karena tertiup angin, maupun berisiko membelit.

Referensi

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/10/094200115/begini-teknik-melakukan-pengereman-motor-matik-yang-benar

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/10/094200115/begini-teknik-melakukan-pengereman-motor-matik-yang-benar

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Wahanahonda Rem Mendadak Motor Matic

Comment

User Comment

Your comment

Load More