Jangan Biarkan Pelek Motor Penyok

Publikasi: 1 bulan 22 hari 22 jam 12 menit yang lalu

Pelek atau velg merupakan komponen yang penting pada sebuah sepeda motor. Pelek adalah bagian dari roda yang berfungsi untuk menerima berat dan semua beban (gaya) yang ditimbulkan oleh kondisi jalan.

Komponen pelek motor memegang peranan penting bagi keselamatan pengendara motor. Pelek yang sehat yang tidak memiliki cacat bisa menjamin kelancaran berkendara sepeda. Sayangnya, sama seperti komponen lain pada umumnya, pelek motor juga rawan mengalami kerusakan jika menerima beban dan tekanan besar. 

Pelek bisa rusak bukan semata karena kecelakaan, tetapi bisa juga karena benturan yang cukup keras atau menghajar lubang jalan dengan kecepatan tinggi bisa langsung merusak pelek motor. Baik itu pelek depan atau belakang.

Tingkat kerusakan akibat benturan  bisa sangat bervariasi tergantung dari jenis peleknya. Umumnya, pelek yang ada pada sepeda motor terbaru khususnya motor matik telah menggunakan pelek berjenis Cast Wheel yang tidak akan patah, tapi bisa memar dan penyok akibat benturam. Tergantung seberapa besar benturan yang diterima.

Berbeda dengan pelek jari-jari alias spoke wheel yang umum dijumpai pada motor bebek,  pelek cast wheel jauh lebih rigid. Ketika menerima tekanan atau benturan, pelek cast wheel tidak patah, namun mengalami bengkok.

Kebengkokan pelek tidak bisa disepelekan karena  pertama, seal penahan angin ban sudah rusak dan ban tubeless tidak bisa digunakan lagi. Kedua, pelek bengkok juga berpotensi merusak bearing motor.

Solusi yang biasanya diambil oleh pengendara saat pelek bengkok adalah melakukan servis press velg motor di mana pelek dipanaskan dan dibentuk ulang.  Akan tetapi, cara ini tidak tidak direkomendasikan. Sebaiknya pelek yang bonyok  diganti dengan yang baru. Meskipun sedikit mahal, biaya tersebut sebanding dengan kualitas dan keamanan yang diberikan.

Nah, jangan lupa  saat mengganti pelek, bawa motor kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan terbaik dari mekanik handal supaya motor selalu dalam kondisi optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.*

Service Motor Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Servis Motor Velg Motor Pelek Motor Pelek

Berita Terkait