Jangan Malas Menggunakan Kick Starter, Ini Imbasnya Ke Motormu

Publikasi: 5 bulan 3 hari 14 jam 34 menit yang lalu

Di pagi hari, biasanya seseorang akan mulai memanaskan motornya di teras atau halaman rumahnya. Kegiatan rutin ini akan selalu kamu dapati selama kamu tinggal di bumi. Kegiatan ini memang wajib banget untuk dilakukan oleh setiap orang yang punya motor. 

Herannya banyak orang – orang yang jarang bahkan gak pernah memakai kick starter untuk nyalain motornya di pagi hari. Bahkan ada juga lho yang gak pernah dipakai sama sekali. Asal kamu tau nih brader, kick starter itu gak boleh terlalu lama gak dipakai loh. Jika aja Kamu kelewat males untuk menggunakannya, efeknya bisa gawat. Gak percaya? Tuh baca beberapa hal yang terjadi kalau Kamu malas menggunakan kick starter. 

1. Aki Tekor

Hal yang pertama bisa kamu rasakan ketika kamu kebablas menggunakan electric starter terus – terusan adalah habisnya energi aki dari motormu. Aki yang tekor akan menyebabkan seluruh komponen yang menggunakan listrik kacau balau.

Lampu sein, klakson dan komponen lainnya tidak akan berfungsi secara normal karena sumber energinya telah habis digunakan. Nah salah satu solusi yang bisa kamu andalkan adalah mengganti akimu dengan aki yang baru. Keluar duit kan akhirnya. Si aki tekor, si kantong jebol. 

2. Gak Mandiri

Ada kalanya kamu diminta mbak – mbak di parkiran sebuah mall untuk standar tengahin sepeda mereka. Parahnya kamu juga diminta tolong buat nyelah kendaraan mereka. Fiuh, ngerepotin kan? 

Padahal seharusnya sebelum mereka belajar naik sepeda motor, mereka kudu lulus dulu cara pakai standar tengah yang benar. Gak cukup itu aja, setiap orang yang mempunyai motor wajib bisa nyalain motornya tanpa electric starter. 

Jangan jadi anak manja yang punya motor tapi gak bisa standar tengah dan nyelah motor. Baru gitu doang udah gak bisa, gimana mau jadi mandiri. Huft!

3. Standar Tengah Bisa Macet

Kalau kick starternya aja gak pernah dipakai, berarti standar tengahnya juga mungkin gak pernah digunakan. Hati – hati brader, standar tengah itu rawan akan kotoran karena letaknya ada di bawah. 

Nah, ketika si standar tengah ini gak pernah dipakai, maka kotorannya akan selalu numpuk – numpuk dan semakin tebal di setiap harinya. Gak dipertanyakan lagi, si standar tengah akan segera macet pada waktunya. 

Yang bikin kamu rugi adalah ketika nantinya kamu butuh untuk menggunakan standar tengah, kamu akan kerepotan sendiri karena standar tengahmu akan macet dan susah untuk digunakan. Bahkan ada juga yang standar tengahnya sampai gak bisa bergerak sama sekali. Serem kan?

4. Mesin Motor bisa Jebol

Efek paling horornya tuh ini. Walaupun gak langsung berhubungan dengan tuas kick starter, mesin motor ini biasanya lokasinya di bawah blok mesin dari sepeda motormu. 

Ketika standar tengahnya macet karena jarang digunakan, jangan coba – coba untuk memaksa menurunkan standar tengah motor yang sedang macet. Apalagi jika nantinya Kamu nekat memperbaikinya dengan berbagai eksperimen. Mending bawa ke bengkel aja deh. Takutnya ketika si standar tengah dipaksa, blok mesinnya ikutan jebol. 

Waduh, kalau blok mesin udah rusak atau jebol, mau gak mau Kamu harus merogoh kocek lebih dalam lagi. Karena selain harus ganti blok mesin, kamu harus ngurus perizinan untuk nomor mesin di motormu. Ribet kan? Nah, semua ini berawal dari kebiasaan sepele yang sering dilakukan banyak orang. Mulai sekarang, rajin – rajin menggunakan kick starter ya. Paling gak, sekali dalam sehari supaya kamu gak termasuk pengendara yang merugi. 

Label : Cari Aman Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More