Ini Tindakan Yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kecelakaan Terjadi

Publikasi: 5 bulan 1 hari 13 jam 52 menit yang lalu

Sebagai pengendara motor tentunya kita menginginkan perjalanan yang aman dan nyaman. Oleh karena itu biasa seorang pengendara yang cerdas akan berkendara dengan hati – hati walaupun juga memacu kendaraannya dengan tinggi. Nah, tapi gak jarang juga nih kita melihat kecelakaan yang terjadi di sekitar kita. Nah, di saat seperti ini kita gak boleh bersikap apatis bro! Kita sebaiknya ikut bertindak untuk menolong si korban kecelakaan tersebut. Nah, tapi seperti apa tindakan yang harus kita ambil? Yuk kita cek beberapa hal di bawah ini.

1. Menguasai Keadaan

Biasanya saat sebuah kecelakaan terjadi, suasananya akan jadi panik seketika. Orang – orang yang tadinya lagi nyantai akan dengan terburu – buru untuk mengamankan keadaan. Hal ini lumrah sih, tapi jika Kamu sedang melihat kejadian tersebut, Kamu wajib untuk membuat kondisi jadi lebih tenang.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk itu. Salah satunya dengan memastikan korban, kendaraan dan barang bawaannya sudah dipinggirkan dari jalan raya. Selain itu  biasanya banyak nih pemotor yang gak nolongin tapi melambatkan kendaraannya untuk melihat lebih jelas keadaan yang terjadi. Tugas Kamu adalah untuk membuat mereka sadar kalau mereka lagi bikin keadaan lalu lintas jadi semakin macet. Nah ketika keadaan sudah kondusif dan lebih tenang, diharapkan korban bisa berpikir secara jernih untuk menyelesaikan masalah yang ada. 

2. Menghubungi Petugas yang Berwenang

Ada kalanya sebuah kecelakaan malah bikin kedua pihak yang terkait malah berantem. Disini nih tugas Kamu yang pertama adalah menjadi mediator bagi mereka tanpa menghakimi salah satunya. Nah untuk selanjutnya, jika belum juga ada titik terang Kamu hubungi deh polisi terdekat. Laporkan kalau ada kecelakaan lalu lintas di titik tersebut. Terlebih lagi jika kondisi kecelakaannya parah, hal ini wajib banget untuk dilaporin ke kantor polisi. Jadi biar pihak yang berwajib yang bertugas untuk mendamaikan kedua pihak ini.

3. Memberikan Pertolongan

Sudah jelaslah ya, sebagai orang yang baru melihat kecelakaan pastinya kita akan lebih baik jika memberikan sejumlah pertolongan. Entah bantuin bawa kendaraannya kepinggir atau hanya dengan memberikan air minum. Sedikit pertolongan dari Kamu akan sangat berarti untuk si korban.

Biasanya nih kalau korban kecelakaannya cewe, yang nolongin tuh banyak. Ya mungkin karena kasihan juga sih, tapi kebanyakan cowo yang nolongin biasanya nawarinnya lengkap banget. Nawarin ke bengkel, medical check-up, anterin pulang dan lain sebagainya. 

Nah mungkin ini juga bisa jadi manfaat buat Kamu loh sob. Bukannya memanfaatkan keadaan sih. Cuma namanya jodoh kan gak disangka bakal datang dari mana. Siapa tau si dia yang Kamu tolong  ternyata berjodoh dengan Kamu. Kan lumayan daripada capek – capek ngejomblo. Ciee cieee..

4. Tanggap Dengan Keadaan Sekitar

Keadaan sekitar yang dimaksud adalah banyak hal di sekeliling tempat terjadinya kecelakaan. Kadang ada beberapa orang usil yang memanfaatkan adanya kecelakaan untuk mengambil keuntungan. Nyolong barang korban misalnya. Kasian kan si korban, udah lagi shock karena kecelakaan malah barangnya diambil orang gak bertanggung jawab.  

Peran kamu juga bisa sebagai orang yang memantau keadaan tersebut. Walaupun gak kontak langsung untuk menolong korban, paling gak memantau hal – hal di sekitar area kejadian juga sedikit banyak akan membantu. 

Keempat hal diatas bisa Kamu praktekkan nih,saat melihat sebuah kecelakaan terjadi di dekatmu. Stay safe rider! Tetap berkendara dengan aman dan nyaman. Ingat! keluargamu selalu menunggumu pulang dengan selamat di rumah.  

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More