wanda

Jangan Sampai Tertipu, Begini Cara Membedakan Besin Oplosan Dan Asli

Publikasi: 7 bulan 4 hari 21 jam 32 menit yang lalu

Kalau melihat dampaknya, bisa dibilang bensin yang dioplos sangatlah berbahaya untuk kendaraan. Apalagi untuk motor-motor tua, bisa-bisa mereka merasakan pensiun lebih cepat dari masanya. Bahaya dari bahan bakar oplosan sendiri adalah dapat merusak komponen-komponen dalam mesin. Bahkan motor-motor hebat dari pabrikan Honda pun bisa dibuat kolaps atau turun mesin gara-gara bahan bakar jenis ini. 

Berkaca dari hal tersebut, sudah menjadi kewajiban untuk kalian yang sering membeli bensin eceran lebih meningkatkan kewaspadaan. Hal ini lantaran, bahan bakar kw itu kerap ditemui di pedagang-pedagang pinggir jalan. Jangan sampai niat kalian mengisi bahan bakar, malah berujung pada kendaraan yang masuk bengkel. Apalagi harus merogoh kocek dalam untuk memperbaikinya, amit-amit ya sobat.

Meski perlu kerja ekstra untuk membendakannya, namun kalian tidak perlu risau atau galau. Pasalnya, ada beberapa cara sederhana untuk membedakan mana bensin yang asli dan oplosan. Dan berikut beberapa jurus-jurus jitunya.

Menggunakan jari tangan

Selain untuk ngupil, ternyata jari tangan juga bisa digunakan sabagai media untuk menguji sebuah bensin ori atau kw lho. Carannya sederhana, kalian hanya perlu memasukan bagian tubuh kalian tersebut ke dalam bensin yang dijual. Tunggu beberapa detik dan amati bagaimana pengupan yang terjadi pada bahan bakar di jarimu. Jika kalian mendapati bensin cepat hilang atau mengering maka hal tersebut adalah tanda kalau bahan bakar tersebut murni.  

Apabila sebaliknya, beberapa detik tidak ada perubahan dan meninggalkan zat sisa, maka itu adalah indikator kalian mendepatkan bensin oplosan. Mungkin percobaan ini terlihat absurd, namun perlu kalian ketahui bensin merupakan benda yang cepat menguap. Maka dari itu, tempat penyimpannya di motormu dibuat rapat dan kedap akan udara.

Koran bekas juga bisa jadi alternatif 

Cara lain yang juga bisa digunakan untuk menguji hal ini adalah dengan media koran. Mungkin kalian akan bertaya-tanya bagaimana bisa, dan caranya seperti apa? Tenang, tidak perlu ngegas-ngegas begitu ingat ini bulan Ramadan. Oke, jadi begini pengunaan koran untuk megetahui mana bensin oplosan dan murni adalah dengan melihat tulisan yang ada di benda tersebut bisa dibaca atau tidak.

Maksudnya, ketika bensin itu kw atau telah dicampur, akan menjadikan sebuah tulisan di koran luntur. Pasalnya, kebayakan pengoplos mengunkan miyak tanah sebagai bahan campuran. Dan tinta di koran tidak tahan dengan bahan tersebut. Sedangkan kalau bisa untuk dibaca maka hal tersebut adalah tanda bahan bakar itu benar-benar murni. Bagaiman mudah bukan? Saran saya gunakan koran bekas ya guys.

Memperhatikan warnanya juga bisa jadi solusi

Masih tentang cara membedakan bensin yang ori atau oplosan. Memperhatikan warna pada bahan bakar yang dijual juga bisa menjadi solusi lho sobat. Meski diperlukan pengamatan yang sangat cermat, namun bila kalian kerap mengisi bahan bakar di SPBU, pasti mudah untuk membedakannya. 

Pada umumnya, bensin yang asli akan berwarna bagus kalau premium ya kuning cerah, pertalite hijau, sedangkan pertamax merah layaknya sirup dan biru tua untuk yang 92. Nah, bila kalian menemui selain warna tersebut saat mengisi bensin di pengecer, bisa dipastikan kalau itu adalah bensi oplosan. Satu lagi, semua bensin yang asli tidak akan meninggalkan banyak edapan di dasar botol. Bahan bakar tersebut selalu bening tanpa terkontaminasi bahan lain.

 Itulah tadi beberapa tips atau cara sederhana membedakan besin oplosan atau murni. Kendati dibutuhkan tambahan tenaga untuk menemukan mana yang asli, namun demi motor sehat tentu bukan sebuah masalah. Atau, kalau tidak mau repot-repot, kalian mengisi bahan bakar motormu di SPBU. 

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More