Jangan Simpan Barang Ini Dalam Jok Motor

Publikasi: 1 bulan 1 hari 21 jam 38 menit yang lalu

Fungsi utama dari jok sepeda motor memang sebagai tempat untuk penyimpanan. Tapi wajib diperhatikan, tidak semua jenis  barang boleh dimasukan ke dalamnya.

Loh kenapa begitu? Karena barang yang kita anggap biasa saja, ternyata bisa jadi sangat berbahaya bagi keselamatan kita sendiri sebagai pengendara,  maupun bagi keamanan motor itu sendiri.

Lantas   barang apa saja  yang sesungguhnya “haram” dan sebaiknya dihindari untuk diletakan di bawah jok sepeda motor. Ini dia:

Sayur Mayur & Buah-buahan

Ini kebiasaan banyak perempuan, jika  pulang dari  berbelanja,  langsung menaruh barang belanjaan  ke dalam jok. Padahal, jika motor dalam kondisi nyala, suhunya bisa mencapi 36 derajat hingga lebih. Panas motor itu bisa mengurai sayur-sayuran, buah-buahan, coklat, yogurt, ice cream dan lain sebagainya, dan menurunkan kualitas bahan makanan. 

Peralatan Make Up

Ini juga pesan untuk kaum perempuan : Apapun peralatan make-up yang Anda miliki, entah eye shadow, compact powder, sun scream dan lain-lain, jangan dibiasakan  disimpan dalam jok motor. 

Panas motor bisa membuat make up meleleh, dan bisa luber ke dalam mesin dan menyebabkan kerak (jika make up tidak ditempatkan dalam pouch). 

Tak hanya itu, kandungan kimia dalam make up bisa merusak motor jika tidak sengaja masuk ke dalam mesin.

Parfum dalam Botol

Parfum  juga menjadi benda berbahaya bila dimasukkan ke dalam jok motor. Parfum adalah barang yang mudah menguap, dan cepat memicu bensin yang ada di motor untuk memercikkan api.

Jas Hujan Basah

Jas hujan yang masih basah sebaiknya jangan terlalu lama disimpan di dalam jok sepeda motor, terutama bagi yang berbahan dasar polyster dan gore tech. Karena itu akan membuat kualitas jas hujan menjadi buruk.

Barang Elektronik

Nah ini pesan untuk semua pengendara motor, tanpa mengenal gender. Apapun jenis barang elektronikmu, baik Smartphone, powerbank, laptop sangat tidak dianjurkan dimasukkan ke dalam jok motor.  

Kenapa? Karena suhu panas di dalam jok  dikhawatirkan  bisa memicu ledakan. Hal ini terjadi karena jok motor letaknya berdekatan dengan mesin motor dan bisa menghasilkan suhu panas dan  berpotensi menimbulkan ledakan yang luar biasa.

Nah, itulah daftar barang-baramg yang sebaiknya tidak diletakan dalam jok. Selamat berkendara.  Tetap hati-hati di jalan, agar selamat sampai tujuan!

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Jok Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More