Wahana Honda

Jangan Telat Isi Bensin! Ini Imbasnya Ke Sepeda Motor Kalian

Publikasi: 6 hari 20 jam 12 menit yang lalu

Bensin merupakan  hal yang mutlak dibutuhkan oleh motor. Sebuah motor tidak akan berfungsi tanpa adanya bahan bakar di dalamnya.  Oleh sebab itu sebelum berkendara pastikan motormu terisi bensin secara cukup. 

Tapi adakalanya kita lupa untuk mengisi bahan bakar motor kita. Entah karena kita terlalu asik dengan rutinitas yang kita jalani, atau karena uang di dompet telah habis sehingga mau tak mau tangki motor yang harus ditumbalkan. 

Sayangnya jarang dari kalian yang tau kalau sebenarnya membiarkan motormu kehabisan bahan bakar bisa berakibat fatal untuk kendaraan kalian. Ada beberapa hal yang bisa muncul dari membiarkan tangki motormu kering. Beberapa hal di bawah ini akan membuatmu paham. Check it out!

1. Tangki motormu akan berkarat

Membiarkan tangki motormu tanpa bahan bakar merupakan kebiasaan yang kurang baik. Pasalnya, tangki yang jarang diisi bahan bakar secara penuh akan gampang karatan. Karena di kandungan bahan bakar tersebut juga ada air di dalamnya. Sehingga ketika kering, tangki yang notabene adalah besi ini berpeluang untuk berkarat. Setidaknya usahakan tangki motormu terendam dengan bahan bakar yang cukup. 

2. Selain berkarat, kotorannya akan mengendap dan mengotori bahan bakarmu

Ketika tangkinya sudah berkarat, kotorannya pasti akan menumpuk dan mengendap diantara bahan bakarmu. Oleh karena itu, biasanya ketika motor sudah lama tidak dipakai, tangkinya harus dikuras dulu. Supaya kualitas bahan bakar yang ada nantinya tidak terganggu oleh kotoran yang muncul dari karat tersebut. 

Biaya menguras bensin sendiri gak terlalu mahal kok. Biasanya di bengkel hanya di tarif sebesar Rp. 30.000,- sampai dengan Rp. 50.000, -.

3. Fuel Pump bisa kena imbasnya

Karena tangki yang berkarat dan kotor tadi itu, fuel pump dari sepeda motormu bisa jadi imbasnya. Sekedar informasi buat kamu, fuel pump ini berfungsi sebagai pengatur distribusi dari tangki ke mesin. Tentunya jika fuel pump terus ditumpuki oleh kotoran, lama – lama dia bisa ngambek dan berujung ngadat. Kalau sudah seperti itu mau gak mau motormu akan ikutan ngambek gak mau dinyalain. 

Jangan sampai motor yang ngambek ini bikin gebetan kamu ngambek juga karena kamu telat jemput dia. 

4. Kalau udah menyebar ke karburator atau injektor bisa berabe bro!

Seperti sebuah penyakit menular, ketika fuel pump sudah terinfeksi oleh kotoran – kotoran yang mengendap di dalamnya, karburator maupun injektor bisa kena dampaknya bro.

Karburator dan injektor ini adalah tempat dimana pembakaran dari bahan bakarmu ini terjadi. Ketika terjadi proses pembakaran bahan bakar, udara dan api yang dihasilkan oleh busi dari motormu akan dikonversi menjadi tenaga yang bisa membuat mesin motormu bergerak. 

Nah, kebayang kan kalau ruang bakar motormu rusak? Siapin beberapa ratus ribu untuk benerinnya. 

5. Ujung – ujungnya duit lagi yang kamu setorin

Yang tadinya kamu berpikir ngirit – ngirit untuk mengisi bahan bakar supaya duit di dompet bisa terjaga nan damai sentausa, kali ini malah bisa tekor abis. Bukannya melarang kalian untuk irit sih, tapi iritlah di ranah yang benar. Contohnya, irit ketika jajan, irit ketika belanja, irit air dan listrik dan sebagainya. 

Tapi jangan pernah pelit untuk beli bahan bakar motor kalian. Karena ketika motormu kehabisan bensin, hal – hal diatas ini malah akan menyusahkan kamu. Ujung – ujungnya duit lagi kan. Udah gak punya pacar, duit juga gak abis buat benerin motor. Semakin ngenes idup kalian.

Label : Perawatan Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Perawatan Motor Cari Aman Tips Merawat Motor

Comment

Your comment
Load More