Jangan Tertipu Kampas Rem Palsu!

Publikasi: 2 tahun 8 bulan 13 hari 23 jam 48 menit yang lalu

Salah satu komponen alias spare part motor yang paling banyak dicari adalah kampas rem. Maka tak perlu heran kalau akhirnya banyak kampas rem palsu beredar di pasaran. Jika tidak jeli, Anda bisa saja tertipu dengan kampas rem palsu. Apalagi, bentuk, harga, hingga kemasan yang palsu sangat mirip dengan versi aslinya.

Biar Anda tidak terjebak dan akhirnya membeli kampas rem palsu, pelajari cara-cara berikut ini untuk mengenalinya!

Cara mengenali kampas rem palsu

Ketika dilihat sekilas, kampas rem palsu memang sulit dibedakan dari yang asli. Namun, ada beberapa detail yang tidak ada di barang palsu ini, dan harus Anda cermati. Bagaimana caranya mengenali kampas rem motor Honda yang asli dan palsu?

1. Cari hologram logo

Di kemasan aslinya, ada hologram logo Honda serta tulisan HGB yang terbaca jelas pada sisi kiri atas, berdampingan dengan barcode. Sementara itu pada kemasan kampas rem palsu, semuanya terlihat buram.

Yang tidak boleh terlewat juga, ada logo Honda dan tulisan PT AHM, sejajar tulisan Honda Genuine Part pada bagian atas kemasan asli.

2. Material kampas

Kampas rem motor asli terbuat dari bahan material non-asbestos, dan memiliki tembaga padat serta halus. Lain halnya dengan barang palsuannya. Kampas motor rem yang palsu biasanya dibuat dari bahan asbestos serta tanpa tembaga. Saat dipegang pun, permukaannya kasar. Teksturnya juga rapuh.

3. Kode produksi

Tentu saja kampas rem motor asli dilengkapi dengan kode produksi. Kalau Anda tidak menemukannya, berarti kampas rem motor yang sedang ada di tangan, merupakan barang tiruan alias palsu.

4. Harga

Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Harga kampas rem motor palsu hanya separuh harga aslinya. Jadi jika harga kampas rem asli sekitar Rp50.000, maka barang tiruannya kira-kira dijual Rp25.000.

Kapan harus ganti kampas rem motor?

Seperti halnya komponen lain pada motor, kampas rem pun memerlukan perawatan dan harus diganti secara berkala. Anda disarankan untuk melakukan penggantian kampas rem 2-3 bulan sekali. Namun jika sebelum waktu tersebut Anda melihat kampas rem sudah terhimpit piringannya, segera ganti kampas rem tersebut. Demi keaslian komponen, lakukanlah penggantian kampas rem hanya di bengkel resmi motor.

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222744107/begini-cara-bedakan-kampas-rem-motor-honda-asli-dan-palsu?page=all

https://www.astramotor.co.id/ini-waktu-yang-tepat-untuk-ganti-kampas-rem-motor/



Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Kampas Rem

Berita Terkait