Lakukan Ini Biar Rem Cakram Ga Macet

Publikasi: 23 hari 18 jam 31 menit yang lalu

Selain jalanan yang macet, kondisi yang tak kalah bikin jengkel pas lagi berkendara dengan motor kesayangan adalah rem cakram yang macet. Soalnya kalau sudah macet, rem cakram bisa membuat performa motor tidak optimal.

Kalau sudah begini, motor akan ngeden karena tarikannya berat. Oleh karena itu, lakukan langkah-langkah yang direkomendasikan 

Cara mudah cegah rem cakram macet

Jika selama ini Anda masih kurang memperhatikan perawatan rem cakram, belum terlambat untuk melakukannya. Ini hal-hal yang sebaiknya dilakukan demi menjaga rem cakram tidak macet di tengah jalan. 

1. Melakukan perawatan kaliper rem

Lakukan perawatan kaliper rem dengan membersihkan bagian as pada bracket kampas rem. Jangan lupa melakukannya secara rutin ketika Anda mengganti kampas rem. Perawatan ini penting dilakukan, karena kotoran pada bracket kampas rem bisa membuat rem cakram jadi seret.

Kotoran tersebut membuat kampas rem susah kembali ke tempatnya semula setelah Anda melepas tuas rem.

2. Memeriksa kondisi karet boot kaliper

Selanjutnya, periksalah kondisi karet boot kaliper. Apabila memang masih dalam keadaan yang bagus, beri gemuk pada bas bracket kampas rem serta karet boot kaliper sekaligus. Jangan lupa juga memastikan pinton kaliper tetap bersih.

Lalu, harus bagaimana kalau rem cakram terlanjur macet?

Jika Anda belum sempat melakukan perawatan rem cakram, atau sedang menggunakan motor teman yang ternyata bermasalah pada rem cakramnya, jangan keburu panik. Lakukanlah langkah-langkah ini untuk mengatasinya.

  • Kalau rem macet karena kotoran

Jika rem cakram macet karena kotoran, maka bukalah bagian kalipernya. Lalu, semprot celah piston kecil serta komet master rem menggunakan air dan sabun cuci piring cair sampai bersih. Keringkan dan pasang kaliper kembali secara tepat.

  • Kalau rem macet karena karat

Apabila rem cakram macet akibat karat, buka kalipernya dan berihkan dari karat. Selanjutnya, oleskan gemuk pada piringan cakram sebelum memasangnya kembali pada posisi semula.

  • Kalau rem macet karena kampas aus atau salah pasang

Untuk masalah yang satu ini, sebaiknya mintalah pada mekanik di bengkel resmi. Mekanik akan mengganti kampas dengan yang baru, jika kampas memang aus, atau memperbaiki pemasangannya, apabila salah pasang.

Mulai sekarang, jangan cuek lagi ya sama kondisi rem cakram motor kesayangan Anda!

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222743795/lakukan-hal-ini-secara-berkala-agar-rem-cakram-motor-bebas-macet?page=all

https://otomotif.bisnis.com/read/20201005/273/1300631/begini-cara-mengatasi-rem-cakram-motor-yang-macet


Label : Cari Aman Tips Motor Honda Kampas Rem Rem Cakram

Comment

User Comment

Your comment

Load More