Jenis Perlengkapan Safety Riding Yang Wajib Dibawa Pengendara Motor

Publikasi: 1 bulan 28 hari 2 jam 3 menit yang lalu

Berkendara dengan sepeda motor memang membutuhkan perlengkapan yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan berkendara mobil. Hal ini dikarenakan motor tidak memiliki komponen yang dapat melindungi pengendaranya dari terik sinar matahari hingga air hujan. Sehingga mau tak mau, para pengendara motor harus membekali diri dengan beragam perlengkapan eksternal.

Beberapa perlengkapan ini pun wajib digunakan saat berkendara. Baik untuk berkendara jarak dekat ataupun saat akan menempuh perjalanan jarak jauh. Karena bagaimana pun, keselamatan pengendara adalah prioritas dari segalanya. 

Sayangnya, masih ada banyak pengendara motor yang nakal dan tidak mau mengenakan perangkat atau komponen safety ini. Alhasil, hal ini dapat menjadi alasan seorang pengendara dikenai tilang oleh polisi hingga bahkan dapat membahayakan dirinya apabila terjadi kecelakaan.

Nah, agar Anda terhindar dari risiko berbahaya selama di jalan. Berikut terdapat beberapa perlengkapan yang perlu Anda bawa saat berkendara. Apa saja itu? Simak lengkap artikel berikut ini, ya!

Perlengkapan Safety Riding yang Harus Dibawa

1. Helm SNI

Sudah bukan rahasia lagi jika helm SNI adalah perlengkapan berkendara yang wajib dibawa kemana pun. Alat yang satu ini berguna sebagai pelindung kepala selama Anda berkendara di jalan. Tanpa helm, Anda bisa ditilang oleh polisi karena hal tersebut termasuk ke dalam pelanggaran lalu lintas.

Penggunaan helm diperuntukkan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan bukan orang lain. Sehingga saat Anda mengalami hal-hal tak terduga selama di jalan seperti terpeleset, tergelincir atau jatuh, kepala Anda dapat terhindar dari benturan pada aspal ataupun benda tumpul yang ada di jalanan.

So, jangan pernah lupa untuk mengenakan helm kemana pun Anda pergi, ya. Terlebih jika Anda akan berkendara jarak jauh. Helm yang berstandar nasional lebih disarankan karena memiliki build quality yang tak mudah pecah dan tahan terhadap benturan.

2. Masker

Perlengkapan selanjutnya yang harus Anda bawa adalah masker. Bagi sebagian orang debu jalanan dapat menyebabkan sesak nafas sehingga mereka harus menggunakan masker untuk menghindarinya.

Jika Anda adalah tipikal orang yang mudah mengalami sesak nafas karena debu. Tak ada salahnya untuk menggunakan masker saat berkendara. Selain itu, meskipun masker tidak wajib dikenakan namun keberadaannya juga dapat menangkal Anda dalam menghirup asap kendaraan atau polusi udara yang terjadi di jalan.

3. Jaket

Jaket menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang banyak digunakan oleh orang-orang. Terutama bagi mereka yang akan menempuh perjalanan jarak jauh. Jenis pakaian yang berbahan tebal ini memang sangat direkomendasikan untuk menangkal terpaan angin ke tubuh secara langsung. Terlebih jika Anda akan berkendara saat malam hari di mana biasanya udara atau cuaca malam cukup dingin.

4. Sarung tangan

Selain bagian kepala dan tubuh, Anda mungkin juga memerlukan sarung tangan khusus untuk berkendara. Apalagi jika Anda berkendara di siang hari yang terik. Untuk menghindari terjadinya belang pada kulit tangan, beberapa pengendara memutuskan untuk menggunakan sarung tangan. Selain itu, perlengkapan yang satu ini juga bisa menghindarkan Anda dari cedera tangan misal motor terpeleset saat di jalan.

5. Celana panjang dan sepatu

Terakhir, Anda juga perlu mengenakan celana panjang dan sepatu untuk menunjang safety riding. Celana yang berbahan dasar tebal dan kuat akan melindungi Anda apabila terjatuh atau terpeleset saat di jalanan. Sepatu yang kuat juga akan melindungi jari-jari kaki Anda agar terhindar dari cedera parah.

Dengan mengenakan ke-5 perlengkapan di atas. Anda sudah bisa berkendara dengan aman dan nyaman saat di jalan. Namun perlu diperhatikan, selain membawa kelima barang yang telah disebutkan di atas, yang terpenting adalah memperhatikan cara berkendara Anda selama di jalan. Jangan sampai Anda berkendara kebut-kebutan ataupun tidak mentaati peraturan lalu lintas yang berlaku.

Selain itu, Anda mungkin juga harus membawa perlengkapan lain seperti jas hujan. Terlebih jika Anda berkendara di musim penghujan seperti saat ini. Selalu siapkan perlengkapan tersebut agar Anda tak perlu khawatir saat tiba-tiba turun hujan di tengah perjalanan.

Happy safe driving

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More