Tips Mengendarai Motor Di Jalanan Berkerikil Dan Berpasir

Publikasi: 28 hari 23 jam 32 menit yang lalu

Ada begitu banyak tipe-tipe jalanan yang ada di Indonesia. Mulai dari jalanan berlumpur, berair, berkerikil hingga berpasir sekali pun. Masing-masing medan tentu membutuhkan teknik berkendara khusus yang berbeda.

Nah, di artikel kali ini Wahana Honda akan memberikan Anda informasi terkait tips mengendarai motor di jalanan yang berkerikil dan berpasir. Mengingat banyak orang yang seringkali terjatuh saat melewati medan-medan seperti ini.

Agar Anda tidak mengalami kejadian serupa, maka perlu memahami cara atau teknik khusus berkendara di jalanan berpasir yang cukup licin berikut ini. Apa saja tekniknya? Berikut pembahasan lengkapnya.

Tips Mengendarai Motor di Jalanan Berkerikil dan Berpasir

1. Kurangi kecepatan berkendara

Saat Anda melihat di depan mata terdapat medan berbatu dan berkerikil. Maka Anda harus mengurangi kecepatan laju motor Anda. Semakin besar rintangan bebatuan yang ada di sana, maka semakin rendah pula kecepatan yang disarankan. Karena berkendara dengan kecepatan tinggi di jalanan berbatu dapat menyebabkan ban bocor hingga benturan keras pada komponen kendaraan.

2. Genggam dengan kuat stang motor

Saat melewati jalanan berpasir atau berkerikil, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tetap fokus berkendara dengan memegang erat stang motor. Hal ini guna menghindari ketidakstabilan Anda saat berkendara terutama jika kerikil yang ada di jalanan cukup banyak dan berukuran besar.

Guncangan yang terjadi saat motor melewati jalanan bermedan kerikil ini seringkali membuat kendaraan sulit untuk dikontrol. Alhasil jika Anda tidak memegang kendali dengan kuat, Anda bisa saja jatuh sewaktu-waktu.

3. Hindari menggunakan rem depan

Saat motor Anda melewati medan berpasir, maka yang perlu diperhatikan adalah penggunaan remnya. Jangan gunakan rem depan karena berpotensi menyebabkan ban selip yang bisa membuat Anda terjatuh.

Selain itu, Anda juga harus menghindari pengereman mendadak atau hard braking karena juga memicu terjadinya ban selip yang membuat motor Anda tergelincir jatuh.

Jika memang harus terpaksa melakukan pengereman, lakukan secara bertahap dan jangan di rem dalam sekali tarikan. 

4. Tetap fokus ke depan

Jaga pandangan Anda untuk melihat kondisi yang ada di depan. Jangan hanya terpaku pada jalanan yang berbatu karena dapat mencuri fokus Anda dan justru membahayakan keselamatan. Selama Anda berkendara dengan hati-hati, jalanan berbatu atau berkerikil separah apapun bisa dilewati dengan mudah.

Kuncinya hanyalah menurunkan kecepatan serta ego Anda dalam berkendara. Jangan hanya karena ingin lekas sampai tujuan, Anda berkendara dengan kecepatan tinggi di jalanan yang berbatu, berkerikil ataupun berpasir. Selain dapat membahayakan keselamatan diri sendiri juga dapat berbahaya bagi pengendara lain.

Ingatlah bahwa keluarga Anda sudah menunggu kedatangan Anda di rumah. So, lebih baik datang agak lama dengan kondisi selamat daripada membahayakan nyawa sendiri nantinya.

Label : Cari Aman Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More