Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membawa Ban Serep Saat Berkendara Motor?

Publikasi: 1 bulan 19 hari 8 jam 8 menit yang lalu

Seringnya ban serep hanya perlu dibawa oleh para pengendara mobil. Hal tersebut dikarenakan kendaraan beroda empat ini sangat rawan mengalami ban bocor di tengah jalan. 

Meski motor juga memiliki risiko yang tak jauh beda, tetapi para pengendaranya dapat menghindari risiko tersebut dengan memperhatikan baik-baik jalanan yang mereka lewati. Sedangkan pengendara yang berada di dalam mobil, sudah jelas tidak bisa melihat komponen-komponen kecil di jalanan yang mereka lewati entah itu berupa paku, bebatuan kerikil atau benda tajam yang lain.

Namun demikian, bukan berarti ban serep tidak dibutuhkan pada saat Anda berkendara motor. Memang komponen yang satu ini tidak begitu penting bagi para pengendara motor. Tetapi dalam situasi tertentu, keberadaannya diperlukan dan harus dibawa sewaktu-waktu.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan Anda informasi mengenai kapan waktu yang tepat untuk membawa ban serep saat berkendara motor. Simak lengkap artikelnya hingga tuntas, ya.

Waktu yang Tepat Membawa Ban Serep untuk Motor

1. Saat akan berkendara jarak jauh

Pertama, waktu yang paling tepat untuk membawa ban serep adalah saat Anda akan menempuh perjalanan jarak jauh. Di mana pada perjalanan tersebut, Anda tidak bisa mengetahui hal-hal atau risiko buruk apa saja yang bisa terjadi. Salah satunya yang paling sering dialami oleh pengendara ialah ban motor yang tiba-tiba bocor.

Beruntung jika ban tersebut bocor saat Anda berada di tengah kota. Untuk mencari bengkel tentu bukanlah hal yang rumit. Namun bagaimana jika ban motor Anda bocor saat di tengah jalanan yang sepi? Misalnya di pinggir hutan atau daerah pegunungan yang Anda lewati. 

Tentu akan sangat sulit untuk mencari bantuan atau bahkan mencari bengkel yang dapat mengganti ban motor Anda. Nah, maka dari itu jika dihadapkan pada situasi seperti ini, lebih baik Anda membekali diri dengan ban serep serta peralatan bengkel yang kemungkinan dibutuhkan untuk mengganti ban. Tujuannya tentu saja agar Anda dapat mengganti ban bocor tersebut tanpa harus menunggu bantuan dari orang lain.

2. Saat akan melewati medan yang kurang mulus

Jika Anda adalah seorang yang menyukai touring atau aktivitas berkendara jarak jauh dengan motordan memiliki tujuan berwisata alam ke gunung, hutan atau sejenisnya. Maka eksistensi ban serep juga sangat penting untuk senantiasa dibawa.

Seperti yang kita tahu, jalanan menuju wisata alam seringkali tidak mulus karena masih jarang yang diaspal. Dengan demikian, sangat besar kemungkinan ban motor yang Anda gunakan mengalami bocor saat melewati medan bebatuan yang tidak rata.

Apabila Anda sadar jalan menuju lokasi touring tersebut sangat berisiko. Maka persiapkan ban serep sejak awal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena bagaimana pun, situasi ban bocor hanya akan menghambat kesenangan Anda saat melakukan touring tersebut. 

Jadi daripada Anda harus menghabiskan waktu lama untuk mencari bantuan di tengah hutan atau di pegunungan. Sebaiknya bekali diri sendiri dengan peralatan yang lengkap agar perjalanan touring dapat segera dilanjutkan tanpa harus membuang banyak waktu.

3. Saat berkendara di malam hari

Berkendara di malam hari juga menjadi salah satu saat yang tepat untuk membawa ban serep. Terlebih jika titik yang Anda tuju ada di luar kota atau memiliki jarak yang cukup jauh. Hal ini dikarenakan di jam-jam tersebut bengkel biasanya sudah banyak yang tutup. Sehingga jika Anda mengalami kebocoran ban di tengah jalan, tentu akan sangat sulit untuk menemukan bantuan.

Alih-alih Anda lontang-lantung di pinggir jalan dan tidak tahu harus menuntun kendaraan Anda berapa lama lagi. Lebih baik Anda memperbaikinya sendiri dengan berbekal ban serep sejak awal.

Namun demikian, jika Anda ingin membawa ban serep pada saat berkendara motor tetaplah berhati-hati saat mengangkutnya. Hal ini dikarenakan sudah cukup banyak kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh cara membawa ban serep yang kurang tepat. 

Pastikan bahwa ban tersebut Anda taruh di bagian belakang atau samping motor yang tidak mempengaruhi cara Anda saat berkendara. Dengan demikian, Anda tetap bisa mengendarai motor dengan nyaman tanpa harus khawatir jika ban tersebut lepas sewaktu-waktu dari tempat Anda menaruhnya.

Label : Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Wahanahonda Ban Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More