Tips Aman Berkendara Dengan Motor Gede Bagi Pemula

Publikasi: 7 bulan 25 hari 16 jam 19 menit yang lalu

Motor gede atau yang sering juga disebut dengan moge, merupakan salah satu jenis kendaraan yang memiliki tempat khusus di hati para pecintanya. Berbeda dengan kendaraan roda dua pada umumnya, moge dibekali kapasitas mesin yang besar serta bodi yang berukuran jumbo. 

Dengan tampilannya yang serba besar tersebut, membuat moge cukup terlihat mewah, elegan serta gagah digunakan berkendara di jalan raya. Tak heran jika kebanyakan pecinta moge berasal dari kaum adam. 

Namun bukan berarti wanita tak bisa atau tak boleh mengendarai motor jenis ini, ya. Faktanya, ada banyak selebritis atau influencer wanita yang juga mengoleksi motor gede dengan harga yang fantastis dan menekuninya sebagai hobi.

Nah, di balik tampilannya yang gagah dan mewah, sebenarnya tak ada yang berbeda dari cara mengendarai moge ini dibandingkan kendaraan roda dua pada umumnya. Hanya saja dengan berat bodi motor dan tenaga yang dihasilkan oleh mesinnya membuat Anda juga harus berhati-hati saat membawanya mengarungi jalan raya.

Pada artikel berikut ini, kami akan membagikan beberapa tips aman berkendara dengan motor gede. Terutama bagi Anda yang masih pemula atau baru saja membelinya. Penasaran apa saja yang harus Anda ketahui dan lakukan? Simak lengkap artikelnya hingga tuntas, ya.

Tips Aman Berkendara dengan Motor Gede untuk Pemula

1. Berkendara hati-hati dengan memperhatikan tarikan gas motor

Yup, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, motor gede dibekali dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Artinya, power atau kekuatan yang dihasilkan oleh mesin juga akan lebih gila dan liar dibanding motor kopling atau motor matic.

Untuk itu, Anda harus berhati-hati pada saat mengendarainya. Hindari menarik gas terlalu kencang karena sudah pasti akan mempengaruhi laju kecepatan motor Anda nantinya. Terlebih jika Anda sedang berkendara di jalan raya yang cukup padat. Tentu melaju dengan kecepatan tinggi sangat tidak dianjurkan karena dapat membahayakan keselamatan Anda dan pengendara yang lain.

Sebaliknya, untuk mengendarai moge di tengah jalan raya, Anda hanya perlu menarik gas secara perlahan. Dengan power besar yang dihasilkan oleh mesin, tarikan gas pelan saja sudah cukup membuat motor Anda melaju lebih cepat jika dibanding jenis motor yang lain.

2. Pastikan Anda dapat menyeimbangkan tubuh saat mengendarainya

Perlu diingat bodi moge yang berukuran jumbo seringkali membuat seseorang kehilangan banyak tinggi badannya. Karena mereka harus duduk dengan paha yang terbuka cukup lebar. Hal ini membuat orang-orang yang tak terlalu tinggi seringkali kesulitan pada saat menyeimbangkan tubuhnya atau bahkan saat akan menopang motor dengan kaki mereka.

Nah, Anda juga harus mempelajari teknik menyeimbangkan tubuh ini saat berkendara dengan moge. Pastikan bahwa kaki Anda juga cukup kuat dan bisa digunakan untuk menopang beban motor pada saat berhenti sesaat di lampu merah. Jika tidak, kemungkinan buruk yang bisa terjadi adalah Anda dapat terjatuh kapan pun karena beban massa motor yang cukup berat.

3. Gunakan standar samping saat akan menaiki motor

Bagi Anda yang memiliki postur tubuh kecil, upaya saat akan menunggangi motor gede seringkali menjadi masalah utama. 

Nah, untuk memudahkan Anda menaiki kuda besi tersebut, Anda bisa menurunkan standar sampingnya terlebih dahulu baru menungganginya. Penggunaan standar samping ini bertujuan untuk menahan bobot motor agar Anda jauh lebih mudah untuk menduduki joknya.

4. Perhatikan penggunaan rem yang tepat

Komponen rem berfungsi mengurangi laju kecepatan sebuah kendaraan. Dalam alat transportasi, keberadaan komponen ini menjadi salah satu yang terpenting untuk menghindari terjadinya laka lantas. Begitu pun dalam penggunaan motor gede.

Dengan kapasitas mesin yang besar dan tarikan yang cukup liar, membuat Anda juga harus pandai-pandai dalam menggunakan rem pada saat berkendara.

Jika Anda adalah pemula atau orang yang baru saja membeli motor gede ini. Pastikan bahwa Anda sudah mengetahui karakteristik tuas rem kendaraan Anda. Kenali jarak main rem pada saat berkendara di jalan raya. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pengereman dari jarak yang sudah ditentukan.

5. Pastikan posisi tubuh selalu tegak

Para pengendara motor gede seringkali menunggangi kuda besi mereka dengan posisi tubuh yang agak membungkuk. Hal ini tidaklah salah, mengingat orang-orang dengan postur tubuh yang kurang tinggi seringkali kesulitan untuk memegang stang saat duduk tegak di atas moge.

Namun memang posisi yang terbaik berkendara motor gede adalah dengan posisi tubuh yang tegap dan paha yang menempel pada tangki. Selain dapat membantu Anda dalam mengurangi rasa lelah, hal ini juga akan memudahkan Anda mengendalikan motor saat berkendara.

Nah, demikianlah artikel mengenai tips aman berkendara dengan motor gede bagi pemula dari kami kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan memberikan penjelasan mengenai cara berkendara motor gede dengan teknik yang benar.

Selain harus menerapkan tips-tips di atas, pastikan juga Anda selalu berkendara dengan safety gear mulai dari helm, jaket, sarung tangan, sepatu dan lain-lain. Komponen tersebut akan memberikan Anda perlindungan dan membuat pengalaman berkendara Anda jauh lebih nyaman. So, happy safe riding everyone!

Label : Big Bike Cari Aman Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More