wanda

Kebiasaan Aman Berkendara Haruslah Dibiasakan

Publikasi: 30 hari 21 jam 31 menit yang lalu

Kebiasaan berkendara yang urakan dan juga tidak tahu aturan yang sering meresahkan pengguna jalan lainnya adalah sebuah kebiasaan yang terbentuk sejak lama. Biasanya kita belajar kebiasaan urakan tersebut dari berbagai tempat sehingga kita terbiasa menggunakan kebiasaan yang urakan saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor. 

Begitu pula dengan kebiasaan aman berkendara. Kebiasaan safety riding ini tentunya adalah sesuatu yang harus kita paksa lakukan agar terbentuk disiplin yang baik. Dengan memaksa diri kita sendiri tentunya kebiasaan ini akan menjadi satu kebiasaan yang akhirnya bisa mengubah kebiasaan lama kita. 

Perlu diingat bahwa di Indonesia sudah sangat banyak pengendara sepeda motor. Namun, dengan banyaknya sepeda motor, kesadaran keamanan berkendara dan keselamatan berkendara masih sangat rendah, terutama untuk pengendara sepeda motor muda dan masih berumur belia. 

Untuk itu sebagai orang yang mengetahui dan juga sering bergelut dengan tips keselamatan berkendara, kita harus memaksakan kebiasaan safety riding terhadap diri kita sendiri, agar bisa memberikan contoh yang baik untuk para generasi yang lebih muda dari kita. 

Kebiasaan Aman Berkendara Sepeda Motor

Jadi berikut ini kebiasaan baik dan aman saat berkendara menggunakan sepeda motor di jalan raya. Praktekan dengan disiplin dan kamu akan memberikan contoh yang sangat baik untuk para pengendara sepeda motor yang lainnya. 

Main Slonong Itu Tidak Keren

Entah terinspirasi dari mana kebiasaan main slonong kendaraan ini mulai terbentuk. Jika kamu terinspirasi dari film – film yang ada, kamu harus menghentikan kebiasaan ini sekarang juga. Kita ada di dunia nyata yang kesalahan sedikit saja bisa membuat sangat berbahaya. 

Kebiasaan asal selonong ini membuat pengendara dan pengguna jalan lainnya terganggu. Mungkin kamu tidak akan merasa terganggu tapi pengguna jalan yang lain pasti terganggu, mulai dari kaget, dan juga panik, dan bisa – bisa terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. 

Sebaiknya sangat berkendara dengan menggunakan sepeda motor kita jangan terlalu sering berganti jalur alias berada di jalur yang sama. Idealnya sebagai pengendara sepeda motor tentunya di jalur kiri. Dengan berada di satu jalur kita akan menjadi lebih aman dan nyaman saat berkendara. 

Perhatikan Jarak Aman Kendaraan

Salah satu hal penting saat berkendara di jalan raya adalah jarak aman. Karena jarak aman ini bisa menentukan blindspot, pengereman yang efektif, dan kewaspadaan yang lebih. Dengan menjaga jarak aman kita sudah memegang 3 hal penting yang akan menjaga kita tetap aman dalam berkendara. 

Pertama, pengguna jalan dan pengendara lainnya bisa dengan mudah melihat kita. Kedua, di jarak aman kita tidak akan masuk di blindspot, yang biasanya ada di jarak dekat, walaupun ada beberapa blindspot lain di jarak tertentu. Dan ketiga pengereman efektif, dengan jarak yang aman kita bisa melakukan pengereman yang efektif sehingga terhindar dari kecelakaan beruntun yang bisa saja terjadi. 

Warna Cerah Bisa Jadi Pilihan Utama

Sepeda motor di jalan raya memang sangat sulit untuk dilihat, karena biasanya sepeda motor mampu berjalan di kondisi jalan yang sempit. Nah, untuk memastikan kita terlihat oleh pengendara lain terutama pengendara mobil, ada baiknya kita menggunakan pakaian dengan warna yang cerah. Warna pakaian gelap memang keren untuk kamu, tapi pakaian warna cerah adalah pakaian aman yang bisa menyelamatkan kamu dari hal yang tidak diinginkan.

Selain itu sangat wajib bagi pengendara sepeda motor menyalakan lampu utama kapanpun dan dimanapun itu. Pagi, siang, sore, malam lampu utama harus selalu menyala sehingga pengendara dan pengguna jalan lain bisa mengetahui keberadaan kamu. 

Jangan Memakai Alat Komunikasi Saat Berada Di Jalan Raya

Terutama untuk pengendara sepeda motor, jangan sekali – kali untuk menggunakan ponsel atau smartphone sambil berkendara. Hal ini melanggar peraturan lalu lintas loh, kamu akan diberi sanksi dan malahan bisa jadi kamu akan celaka jika menggunakan alat komunikasi di jalan raya. Memang terjadi beberapa perdebatan, bagaimana kalau menggunakan GPS? 

Ada baiknya jika ingin menggunakan GPS kamu menepi terlebih dahulu, atau tempatkan GPS di tempat yang mudah kamu lihat sehingga tidak mengganggu konsentrasi berkendara. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More