wanda

Tips Menjaga Keseimbangan Motor Mencegah Hilang Kendali Motor

Publikasi: 1 bulan 2 hari 21 jam 34 menit yang lalu

Mengendarai sepeda motor merupakan hal yang sangat mengasikkan bagi kamu pecinta kendaraan roda dua ini. Tapi berkendara dengan menggunakan sepeda motor memang sangat beresiko dibandingkan kendaraan bermotor lain seperti mobil. Sepeda motor membutuhkan keahlian khusus yang perlu kita miliki agar terciptalah keamanan berkendara sepeda motor. 

Kecelakaan tunggal juga merupakan salah satu kejadian terbesar yang ada di Indonesia, biasanya melibatkan sepeda motor. Sepeda motor yang sering hilang kendali dan tidak terjaganya keseimbangan menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan tunggal ini terjadi. 

Beberapa waktu yang lalu kejadian kecelakaan sepeda motor yang menyebabkan meninggalnya adik Boy William, menjadi pelajaran bagi kita agar kita tetap waspada saat berkendara dengan sepeda motor bro. 

Nah, di tips safety riding kali ini kita mungkin akan membahas keseimbangan sepeda motor dan mencegah keseimbangan pada sepeda motor, agar bisa tetap aman berkendara di jalan raya. 

Menjaga Keseimbangan Sepeda Motor

Hilang kendali saat berkendara sepeda motor sangatlah berbahaya. Hal ini bisa membahayakan diri kita sendiri, dan juga pengguna jalan lain. Biasanya hilang kendali pada awalnya terjadi karena kita kehilangan keseimbangan, kita berusaha menyeimbangkan dan gagal sehingga berakibat dengan hilang kendali. 

Faktor hilangnya keseimbangan sepeda motor ada banyak penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab dari kehilangan keseimbangan yang berujung hilang kendali ini kita akan segera mengetahui agar kita tidak hilang kendali saat berkendara. 

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kita kehilangan keseimbangan yang menyebabkan hilang kendali:

1. Memacu kecepatan dengan kecepatan yang sangat tinggi. Di kecepatan yang tinggi kita akan lebih sulit untuk menjaga keseimbangan, karena dengan gangguan sedikit saja maka akan berakibat fatal. 

2. Tidak mengetahui kondisi jalan. Ya, salah satu faktor penyebab hilang kendali yang paling banyak adalah karena tidak paham dengan medan jalan yang kita lalu. Kita tidak mengetahui apakah kondisi jalan rusak, kondisi jalan bergelombang, dan lain – lain. 

3. Faktor hilangnya konsentrasi. Dengan tidak berkonsentrasi atau kehilangan konsentrasi akan menjadi penyebab utama kehilangan keseimbangan. Faktor – faktor seperti mengantuk, lelah, gangguan konsentrasi lainnya akan menyebabkan kita mudah kehilangan kendali sepeda motor kita. 

Setelah mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan kita kehilangan kendali dan keseimbangan, tentunya langkah selanjutnya adalah mengetahui tips untuk mengatasi dan juga mencegah terjadinya hal ini. Tindakan yang paling efektif adalah dengan perilaku pencegahan, sebagai berikut ini. 

Menjaga Kecepatan Di Batas Aman

Sangat jelas bahwa saat kecepatan tinggi kita akan lebih kesulitan dalam menjaga keseimbangan, sehingga di kecepatan tinggi kita akan memiliki resiko hilang kendali yang sangat besar, terutama untuk para pengendara sepeda motor. Rambu batas kecepatan dibuat bukan tanpa alasan, di beberapa tempat seperti di jalan yang banyak kelokan, dan juga jalan yang bergelombang tentunya batas kecepatannya cukup rendah dan sangat beresiko jika memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. 

Perlu diingat jika kamu berjalan di jalanan yang belum pernah kamu lewati mending jangan terlalu kencang memacu sepeda motor kamu deh, bro. Ingat, kita tidak tahu kondisi jalan seperti apa yang akan kita lalui sehingga dengan menjaga batas aman kecepatan kita bisa menjadi lebih waspada. 

Jangan Memaksa Berkendara Di Kondisi Badan Yang Lelah

Kelelahan adalah sebuah musuh utama bagi para pengendara sepeda motor. Saat badan lelah kita tidak bisa berkonsentrasi dengan baik, dengan hilangnya konsentrasi resiko kehilangan kendali sepeda motor akan menjadi meningkat. Dengan mengetahui hal ini tentunya kita harus mengatur kondisi fisik dan juga badan kita, terlebih saat perjalanan jauh.

Ada baiknya jika setiap beberapa jam kita beristirahat jika memang perjalanan yang ditempuh cukup panjang dan membutuhkan waktu hingga seharian. Dengan cara ini kita akan menjadi lebih fresh dan lebih bisa berkonsentrasi dengan lebih baik. 

Periksa Kondisi Sepeda Motor Kamu Sebelum Berkendara

Memeriksa kendaraan sepeda motor secara berkala tidak ada ruginya bro, karena selain kamu merawat kendaraan yang kamu miliki, dengan memeriksa kondisi sepeda motor sebelum melakukan perjalanan, kamu akan mengetahui kerusakan yang terjadi sebelum berkendara. 

Beberapa orang sering meremahkan hal ini, padahal dengan melakukan pengecekan berkala, hidup kamu akan terselamatkan karena kondisi sepeda motor selalu dalam keadaan prima. Kendaraan yang memiliki kondisi prima akan lebih mudah untuk dikendalikan. 

Mengetahui Kondisi Jalan Yang Akan Kita Lalui

Khusus untuk perjalanan yang jauh dimana kita harus membutuhkan waktu berjam – jam berkendara dengan menggunakan sepeda motor. Ada baiknya jika kamu mengetahui kondisi jalan yang akan kita lalui. Dengan mengetahui kondisi jalan yang akan dilalui kita cenderung lebih waspada dan tidak gegabah. Kita menjadi tidak asal gas dan tidak asal memacu kendaraan dengan asal kencang, jadi pastikan untuk riset dahulu seperti apa kondisi jalan yang akan kamu lalui. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor Booth Safety Riding

Comment

User Comment

Your comment

Load More